Posts

Image
ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 4 KUIS HALAMAN 43 KEGIATAN 4.2 Penilaian kelompok dalam melengkapi potongan teks eksplanasi yang didengar menggunakan bahasa sendiri sehingga menjadi teks eksplanasi yang utuh. Sikap yang dapat dikembangkan adalah teliti saat melengkapi teks eksplanasi. Topik teks                                : pengaruh arus globalisasi terhadap budaya di masyarakat Informasi penting Paragraf 1                                : pengaruh arus globalisasi dapat terlihat dalam bidang budaya Paragraf 2                                : punahnya budaya tradisional menjadi contoh dampak negatif globalisasi Bagian teks yang didengar Paragraf 1                                : pernyataan umum Paragraf 2                                : deretan penjelas   KUIS HALAMAN 49 Kesalahan ejaan dan kosakata tidak baku pada teks, antara lain: ·       Dalam bidang ekonomi, dampak globalisasi ditandai dengan masuknya banyak barang-barang import . ·      
Image
ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 3 KUIS HALAMAN 27 1.       Teks eksplanasi ilmiah adalah teks yang berisi penjelasan mengenai suatu proses yang berkaitan dengan sains 2.       Penialaian subjektif siswa dalam menuliskan judul teks eksplanasi ilmiah yang pernah dibacanya 3.       Cara menggali informasi teks eksplanasi ilmiah, yaitu dengan memahami informasi utama atau informasi penting yang disampaikan dalam teks secara keseluruhan   KEGIATAN 3.1 Penialaian subjektif siswa dalam menjelaskan isi kutipan teks eksplanasi ilmiah yang didengar secara lisan di depan kelas. Sikap yang dapat dinilai adalah percaya diri saat menjelaskan isi kutipan teks yang didengar. Contoh: Judul Teks                          : Perkembangan Mesin Uap Topik yang dibahas            : Penemuan mesin uap dan perkembangannya hingga sekarang Kesimpulan isi teks             : Penemuan mesin uap terus dikembangkan oleh para ilmuwan agar semakin mempermudah aktivitas manusia dalam kehidupan seha
Image
ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 2 KEGIATAN 2.1 Penilaian subjektif siswa dalam menggali informasi teks yang disajikan menggunakan pertanyaan serta menuliskannya dalam peta pikiran. Sikap yang dapat dikembangkan adalah teliti dalam menemukan informasi pada teks yang disajikan dalam bentuk pertanyaan. Contoh:   KUIS HALAMAN 19 Penilaian subjektif siswa dalam menggali informasi menggunakan pertanyaan berdasarkan gambar yang disajikan menggunakan bahasa sendiri, contoh: 1.     Kegiatan apa yang sedang dilakukan tokoh dalam gambar? 2.     Di mana kegiatan dilakukan? 3.     Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan pada gambar?   KEGIATAN 2.3 Penilaian subjektif siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan sesuai dengan isi teks yang didengar serta menuliskan kembali isi teks yang didengar menjadi sebuah tulisan baru menggunakan bahasa sendiri. Sikap yang dapat dikembangkan adalah percaya diri dalam menuliskan kembali informasi yang didengar. a.     Perlawanan ya