ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 2



KEGIATAN 2.1

Penilaian subjektif siswa dalam menggali informasi teks yang disajikan menggunakan pertanyaan serta menuliskannya dalam peta pikiran. Sikap yang dapat dikembangkan adalah teliti dalam menemukan informasi pada teks yang disajikan dalam bentuk pertanyaan. Contoh:

 


KUIS HALAMAN 19

Penilaian subjektif siswa dalam menggali informasi menggunakan pertanyaan berdasarkan gambar yang disajikan menggunakan bahasa sendiri, contoh:

1.    Kegiatan apa yang sedang dilakukan tokoh dalam gambar?

2.    Di mana kegiatan dilakukan?

3.    Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan pada gambar?

 

KEGIATAN 2.3

Penilaian subjektif siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan sesuai dengan isi teks yang didengar serta menuliskan kembali isi teks yang didengar menjadi sebuah tulisan baru menggunakan bahasa sendiri. Sikap yang dapat dikembangkan adalah percaya diri dalam menuliskan kembali informasi yang didengar.

a.    Perlawanan yang dilakukan oleh Kapitan Pattimura, yaitu perlawanan terhadap penjajah Belanda demi membelah daerah kelahirannya.

b.    Perlawanan Kapitan Pattimura terjadi di Provinsi Maluku.

c.    Perlawanan Kapitan Pattimura bersama rakyat Maluku terjadi pada 14 Mei 1817.

d.   Nama asli Kapitan Pattimura adalah Thomas Matulessy.

e.    Pihak Belanda marah dan menghukum Kapitan Pattimura karena sang kapitan menolak tawaran pihak Belanda untuk bekerja sama.

f.     Cara Belanda membalas kekalahannya, yaitu dengan menyusun strategi baru dan menyerang kembali pasukan Kapitan Pattimura dengan persejataan lengkap.

 

Contoh tulisan:

Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura merupakan pahlawan bangsa asal Maluku. Ia dikenal berkat perjuangannya dalam melawan pasukan Belanda yang menjajah tanah kelahirannya, yaitu Maluku. Bersama masyarakat Maluku lainnya, Kapitan Pattimura menyerang benteng pertahanan Belanda dan berusaha mengusir penjajah dari tanah kelahiran mereka. Pihak Belanda pun membalas serangan Kapitan Pattimura dengan menyusun strategi baru sambil berusaha membujuk sang kapitan agar mau bekerja sama. Sayangnya sang kapitan menolak tawaran pihak Belanda hingga akhirnya Kapitan Pattimura pun harus gugur di tangan penjajah Belanda.

 

LATIHAN ULANGAN TEMA 2

A.Pilihan Ganda

1.    D

2.    B

3.    A

4.    D

5.    B

 

B. Isian

1.    Peristiwa apa yang diperingati setiap tanggal 10 November?

2.    Jenderal, karier

3.    Berita tentang kemerdekaan Indonesia disampaikan melalui surat kabar, pamphlet, poster, serta coretan  di gerbong kereta api dan dinding kota

4.    Informasi mengenai kemerdekaan Indonesia dapat tersebar luas ke seluruh penjuru Indonesia dan berbagai wilayah di berbagai belahan dunia

5.    Pamflet

 

C.Uraian

1.    Kartini dilahirkan di Kota Jepara

2.    Kartini dapat diizinkan untuk memperoleh pendidikan karena ia merupakan keturunan dari keluarga bangsawan

3.    Nama teman Kartini di Belanda, yaitu Rosa Abendanon dan Estelle Zeehendelaar

4.    Pemikiran Kartini terhadap wanita pribumi, yaitu kedudukan serta pola pikir wanita pribumi masih tertinggal jauh jika dibandingkan dengan wanita Eropa

5.  Cita-cita Kartini, yaitu ingin melihat wanita pribumi dapat menuntut ilmu setinggi mungkin seperti yang terjadi pada masa sekarang

Comments

Popular posts from this blog

Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 8 Kurikulum 2013 Bab 7 Aktivitas Gerak Berirama

KUNCI JAWABAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 MAHIR BERBAHASA INDONESIA KELAS 8