ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 3


KUIS HALAMAN 27

1.      Teks eksplanasi ilmiah adalah teks yang berisi penjelasan mengenai suatu proses yang berkaitan dengan sains

2.      Penialaian subjektif siswa dalam menuliskan judul teks eksplanasi ilmiah yang pernah dibacanya

3.      Cara menggali informasi teks eksplanasi ilmiah, yaitu dengan memahami informasi utama atau informasi penting yang disampaikan dalam teks secara keseluruhan

 

KEGIATAN 3.1

Penialaian subjektif siswa dalam menjelaskan isi kutipan teks eksplanasi ilmiah yang didengar secara lisan di depan kelas. Sikap yang dapat dinilai adalah percaya diri saat menjelaskan isi kutipan teks yang didengar. Contoh:

Judul Teks                         : Perkembangan Mesin Uap

Topik yang dibahas           : Penemuan mesin uap dan perkembangannya hingga sekarang

Kesimpulan isi teks            : Penemuan mesin uap terus dikembangkan oleh para ilmuwan agar semakin mempermudah aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari

Jenis teks dan alasannya    : teks eksplanasi karena menjelaskan suatu peristiwa khususnya penemuan mesin uap beserta perkembangannya secara rinci dan urut

 

KUIS halaman 30

1.    Paragraf 1   : pernyataan umum

2.    Paragraf 2   : deretan penjelas

3.    Paragraf 3   : deretan penjelas

4.    Paragraf 4   : deretan penjelas

5.    Paragraf 5   : kesimpulan

 

KEGIATAN 3.2

Penilaian kelompok dengan teman sebelah dalam menentukan bagian teks eksplanasi ilmiah disajikan beserta alasannya. Sikap yang dapat dikembangkan adalah teliti dalam menentukan bagian teks eksplanasi. Contoh:

Paragraf pertama teks “Komputer Portabel Serbaguna” merupakan bagian pernyataan umum teks eksplanasi. Hal itu karena pada paragraf tersebut hanya terdapat informasi singkat dan umum mengenai topik permasalahan dalam teks, yaitu tentang komputer portabel.

 

KUIS HALAMAN 34

·      Pernyataan umum  : paragraf 1

Alasan                    : karena berisi informasi umum dan sangat singkat mengenai kulkas sebagai mesin pendingin multifungsi

·      Pernyataan umum  : paragraf 2, 3, 4, 5

Alasan                    : karena berisi penjelasan lebih rinci mengenai kulkas, proses penemuannya serta pengembangannya

·      Kesimpulan            : paragraf 6

Alasan                    : karena pendapat mengenai informasi yang terdapat pada bagian pernyataan umum dan deretan penjelas

 

KEGIATAN 3.3

Penilaian kelompok dalam memperbaiki kesalahan bahasa yang terdapat dalam teks yang disajikan. Sikap yang dapat dikembangkan adalah teliti saat menganalisis ejaan teks eksplanasi. Contoh:

Kesalahan

Perbaikan

Kalimat Efektif

Ejaan

 

Kalculator

Kalkulator

 

asia

Asia

 

LATIHAN ULANGAN TEMA 3

A.Pilihan Ganda

1.    C

2.    A

3.    B

4.    C

5.    D

 

B. Isian

1.    Penemuan pulpen sebagai alat tulis

2.    Pulpen merupakan alat tulis yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

3.    Deretan penjelas

4.    Pulpen dikenal dengan beberapa sebutan, di antaranya pena dan bolpoin.

5.    Bulu hewan atau tanaman di lingkungan sekitar serta tinta

 

C.Uraian

1.    Topik yang dibahas dalam teks tersebut adalah proses penemuan televisi

2.    Penyataan umum           : paragraf 1

Deretan penjelas            : paragraf 2 dan 3

Kesimpulan                    : paragraf 4

3.    Paragraf ketiga berisi penjelasan lebih rinci mengenai perkembangan televisi setelah diciptakan, sedangkan paragraf keempat berisi pendapat yang didasarkan pada informasi dalam paragraf 1 sampai 3.

4.    Ide pokok paragraf



5.     

Kata Tidak Baku

Kata Baku

disain

desain

sistim

sistem

signal

sinyal

elektromagnetika

elektromagnet

fisual

visual

 

Comments

Popular posts from this blog

Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 8 Kurikulum 2013 Bab 7 Aktivitas Gerak Berirama

KUNCI JAWABAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 MAHIR BERBAHASA INDONESIA KELAS 8