ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 3
KUIS
HALAMAN 27
1.
Teks
eksplanasi ilmiah adalah teks yang berisi penjelasan mengenai suatu proses yang
berkaitan dengan sains
2.
Penialaian
subjektif siswa dalam menuliskan judul teks eksplanasi ilmiah yang pernah
dibacanya
3.
Cara
menggali informasi teks eksplanasi ilmiah, yaitu dengan memahami informasi
utama atau informasi penting yang disampaikan dalam teks secara keseluruhan
KEGIATAN
3.1
Penialaian
subjektif siswa dalam menjelaskan isi kutipan teks eksplanasi ilmiah yang
didengar secara lisan di depan kelas. Sikap yang dapat dinilai adalah percaya
diri saat menjelaskan isi kutipan teks yang didengar. Contoh:
Judul
Teks : Perkembangan
Mesin Uap
Topik
yang dibahas : Penemuan mesin
uap dan perkembangannya hingga sekarang
Kesimpulan
isi teks : Penemuan mesin uap
terus dikembangkan oleh para ilmuwan agar semakin mempermudah aktivitas manusia
dalam kehidupan sehari-hari
Jenis
teks dan alasannya : teks eksplanasi
karena menjelaskan suatu peristiwa khususnya penemuan mesin uap beserta
perkembangannya secara rinci dan urut
KUIS
halaman 30
1.
Paragraf
1 : pernyataan umum
2.
Paragraf
2 : deretan penjelas
3.
Paragraf
3 : deretan penjelas
4.
Paragraf
4 : deretan penjelas
5.
Paragraf
5 : kesimpulan
KEGIATAN
3.2
Penilaian kelompok
dengan teman sebelah dalam menentukan bagian teks eksplanasi ilmiah disajikan
beserta alasannya. Sikap yang dapat dikembangkan adalah teliti dalam menentukan
bagian teks eksplanasi. Contoh:
Paragraf pertama
teks “Komputer Portabel Serbaguna” merupakan bagian pernyataan umum teks
eksplanasi. Hal itu karena pada paragraf tersebut hanya terdapat informasi
singkat dan umum mengenai topik permasalahan dalam teks, yaitu tentang komputer
portabel.
KUIS
HALAMAN 34
·
Pernyataan
umum : paragraf 1
Alasan : karena berisi informasi
umum dan sangat singkat mengenai kulkas sebagai mesin pendingin multifungsi
·
Pernyataan
umum : paragraf 2, 3, 4, 5
Alasan : karena berisi penjelasan lebih
rinci mengenai kulkas, proses penemuannya serta pengembangannya
·
Kesimpulan : paragraf 6
Alasan : karena pendapat mengenai
informasi yang terdapat pada bagian pernyataan umum dan deretan penjelas
KEGIATAN 3.3
Penilaian kelompok
dalam memperbaiki kesalahan bahasa yang terdapat dalam teks yang disajikan.
Sikap yang dapat dikembangkan adalah teliti saat menganalisis ejaan teks
eksplanasi. Contoh:
Kesalahan |
Perbaikan |
|
Kalimat Efektif |
Ejaan |
|
|
Kalculator |
Kalkulator |
|
asia |
Asia |
LATIHAN
ULANGAN TEMA 3
A.Pilihan Ganda
1.
C
2.
A
3.
B
4.
C
5.
D
B.
Isian
1.
Penemuan
pulpen sebagai alat tulis
2.
Pulpen
merupakan alat tulis yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
3.
Deretan
penjelas
4.
Pulpen
dikenal dengan beberapa sebutan, di antaranya
pena dan bolpoin.
5.
Bulu
hewan atau tanaman di lingkungan sekitar serta tinta
C.Uraian
1.
Topik
yang dibahas dalam teks tersebut adalah proses penemuan televisi
2.
Penyataan
umum : paragraf 1
Deretan penjelas : paragraf 2 dan 3
Kesimpulan : paragraf 4
3.
Paragraf
ketiga berisi penjelasan lebih rinci mengenai perkembangan televisi setelah
diciptakan, sedangkan paragraf keempat berisi pendapat yang didasarkan pada
informasi dalam paragraf 1 sampai 3.
4.
Ide
pokok paragraf
5.
Kata Tidak Baku |
Kata Baku |
disain |
desain |
sistim |
sistem |
signal |
sinyal |
elektromagnetika |
elektromagnet |
fisual |
visual |
Comments
Post a Comment