ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 4





KUIS HALAMAN 43



KEGIATAN 4.2

Penilaian kelompok dalam melengkapi potongan teks eksplanasi yang didengar menggunakan bahasa sendiri sehingga menjadi teks eksplanasi yang utuh. Sikap yang dapat dikembangkan adalah teliti saat melengkapi teks eksplanasi.

Topik teks                               : pengaruh arus globalisasi terhadap budaya di masyarakat

Informasi penting

Paragraf 1                               : pengaruh arus globalisasi dapat terlihat dalam bidang budaya

Paragraf 2                               : punahnya budaya tradisional menjadi contoh dampak negatif globalisasi

Bagian teks yang didengar

Paragraf 1                               : pernyataan umum

Paragraf 2                               : deretan penjelas

 

KUIS HALAMAN 49

Kesalahan ejaan dan kosakata tidak baku pada teks, antara lain:

·      Dalam bidang ekonomi, dampak globalisasi ditandai dengan masuknya banyak barang-barang import.

·      Kini, kita dapat menikmati dan mendapatkan makanan international dengan mudah.

·      Akan tetapi, hal itu dapat berdampak buruk karena berkembangnya makanan international dapat menggeser popularitas makanan traditional.

·     Untuk mengantisipasi pengaruh negative globalisasi perlu dilakukan beberapa hal, antara lain menumbuhkan semangat nasionalisme, misalnya dengan mencintai produk dalam negeri; menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya; menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik-baiknya; mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan hokum dalam arti sebenar-benarnya dan seadil-adilnya; serta selektive terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa.

 

LATIHAN ULANGAN TEMA 4

A.Pilihan Ganda

1.    B

2.    B

3.    A

4.    D

5.    C

 

B. Isian

1.    Kepraktisan di era glibalisasi

2.    Masyarakat menyukai hal-hal yang bersifat praktis dan cepat

3.    Karena segaa hal yang praktis dapat mempermudah aktivitas masyarakat dalam kehidupan

4.    Kesimpulan

5.  Penerapan tersebut dapat membuat masyarakat berpi kir untuk memodifi kasikan budaya agar dapat memudahkan pekerjaannya dalam kehidupan.

 

C.Uraian

1.    Topik yang dapat dijadikan teks eksplanasi, yaitu peristiwa alam atau kejadian sosial yang terjadi di lingkungan sekitar masyarakat

2.    Teks eksplanasi dibuat untuk memberikan penjelasan secara detail kepada pembaca mengenai proses terbentuk atau terjadinya sesuatu

3.    Informasi penting dalam teks tersebut, yaitu:

· Paragraf 1       : globalisasi membawa kemudahan dalam sistem komunikasi

· Paragraf 2       : globalisasi adalah peristiwa masuknya suatu budaya atau kebiasaan suatu negara ke ruang lingkup dunia

4.    Paragraf pertama kutipan teks eksplanasi tersebut merupakan bagian pernyataan umum. Paragraf tersebut berisi informasi umum mengenai topik permasalahan teks, yaitu tentang globalisasi yang berdampak pada kemudahan sistem komunikasi masyarakat. Sementara itu, paragraf kedua merupakan deretan penjelas teks eksplanasi. Paragraf tersebut berisi informasi lebih rinci dari paragraf pertama berupa contoh kemudahan komunikasi masyarakat yang terjadi akibat adanya arus globalisasi saat ini.

5.    Penilaian subjektif siswa dalam menuliskan kesimpulan berdasarkan kutipan teks yang disajikan menggunakan bahasa sendiri, contoh:

Adanya arus globalisasi membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat, salah satunya dalam bidang komunikasi. Kini, masyarakat dapat dengan mudah berinteraksi dengan sesama mereka melalui produk hasil perkembangan teknologi seperti pos-el. Perkembangan teknologi menjadi bukti adanya arus globalisasi. Akibatnya, kehidupan masyarakat pun menjadi semakin mudah dan praktis berkat arus globalisasi tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 8 Kurikulum 2013 Bab 7 Aktivitas Gerak Berirama

KUNCI JAWABAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 MAHIR BERBAHASA INDONESIA KELAS 8