ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 PAKET 2
ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 PENILAIAN
AKHIR SEMESTER 1 PAKET 2
A.Pilihan Ganda
1.
C
2.
C
3.
A
4.
D
5.
B
6.
D
7.
D
8.
B
9.
C
10.
D
B.
Isian
1.
Hewan
ternak
2.
Teratur
memberi makan dan menjaga sapi agar terhindar dari stres
3.
Mempertahankan
kemerdekaan
4.
Mengapa
Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana didirikan?
5.
Sejarah
penemuan listrik
6.
Banyak
ilmuwan yang memunculkan teori dan penelitian tentang listrik
7.
Akses
komunikasi dan informasi
8.
Kesimpulan
9.
Kantor
pajak
10.
Pengirim
C.Uraian
1.
a.
Tumbuhan kelapa
b. Informasi
penting yang disampaikan dalam laporan tersebut, di antaranya ciri tumbuhan
kelapa dan manfaat setiap bagian tumbuhan kelapa
c. Penilaian
subjektif siswa dalam menuliskan kesimpulan dari laporan yang disajikan
menggunakan bahasa sendiri, contoh:
Tumbuhan kelapa merupakan tumbuhan yang
bermanfaat bagi manusia karena setiap bagiannya dapan dimanfaatkan dalam
kehidupan.
2.
a.
Jepang menjajikan kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia.
b. Pengakuan
secara de jure sangat diperlukan oleh
Indonesia agar bangsa lain tahu bahwa Indonesia telah merdeka dan menjadi
negara yang berdaulat.
3.
a.
Topik yang dibahas dalam teks, yaitu perkembangan jam dalam kehidupan
b. Paragraf 1 : pernyataan umum
Paragraf 2 dan 3 : deretan penjelas
c. Penulisan kata yang tidak baku,
antara lain:
·
beraktifitas : beraktivitas
·
pengrajin : perajin
·
portable : portabel
·
trend : tren
4.
a.
Dengan menggunakan internet masyarakat dapat mengakses berbagai informasi yang
dapat menambah wawasan
b. Kebudayaan
Korea yang dimintai remaja Indonesia, antara lain musik, film, tarian, kuliner,
dan wisata
c. Kebudayaan Indonesia
harus tetap dilestarikan karena merupakan identitas bangsa Indonesia
5.
a.
Kegiatan pada formulir, yaitu bazar pasar rakyat
b. Formulir tersebut ditujukan kepada
panitia penyelenggara bazar pasar rakyat
c. Ya,
kesepakatan dalam formulir tersebut harus dijalankan agar kegiatan dapat
berjalan dengan lancar
Comments
Post a Comment