PEMBAHASAN PKN KELAS 8 NILAI KEPEMUDAAN HALAMAN 117 AKTIVITAS 5.2 TABEL 5.4

Pemuda adalah individu yang secara fisik masih mengalami pertumbuhan. Pemuda adalah tonggak sejarah Indonesia. Pemuda adalah pencetus sumpah pemuda sebagai awal menuju kemerdekaan.


Dalam menyikapi Sumpah Pemuda di masa kini. Pemuda harus memiliki sikap perwujudan yang mencontoh para pahlawan terdahulu.


1. Ciri Pemuda : Potensi

  • Keadaan/Pernyataan dirimu :

Pemuda memiliki potensi yang tinggi, terutama dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan. Pemuda sendiri memiliki lebih banyak kesempatan untuk melakukan berbagai tindakan dalam rangka mengharumkan nama bangsa. Pemuda memiliki banyak potensi, baik dari dalam diri sendiri ataupun dari lingkungan sekitar.

2. Ciri Pemuda : Tanggung Jawab

  • Keadaan/Pernyataan dirimu :

Tanggung jawab adalah suatu hal yang harus dilaksanakan individu atau kelompok masing masing. Pemuda memiliki tanggung jawab yang besar, terutama dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan. Pemuda mengemban tanggung jawab yang besar. Karena, merekalah yang nantinya akan memimpin bangsa ini. Sehingga, pemuda harus melaksanakan tanggung jawab itu dengan baik sedari dini. Caranya dengan menuntut ilmu dengansungguh sungguh, tidak membatasi perbedaan, dan menjadi masyarakat yang berguna bagi orang lain.

3. Ciri Pemuda : Hak

  • Keadaan/Pernyataan dirimu :

Hak adalah sesuatu yang didapatkan oleh individu atau kelompok yang telah melaksanakan kewajibannya. Seorang pemuda memiliki beberapa hak yang tercantum dalam UU kepemudaan pasal 19. Yakni mendapat perlindungan, pelayanan dalam penggunaan prasarana dan sarana tanpa diskriminasi, pengembangan diri, dan kesempatan berperan dalam suatu pelaksanaan, dan pengambilan program kepemudaan.

4. Ciri Pemuda : Karakter

  • Keadaan/Pernyataan dirimu :

Sebagai pemuda kita harus memiliki karakter yang berbudi luhur. Sebab, pemuda adalah teladan masyarakat saat ini. Karakter pemuda memberikan pengaruh besar terhadap karakter masyarakat lain. Oleh karena itu, pemuda harus memiliki karakter yang terdidik. Agar citra pemuda semakin harum di mata masyarakat.

5. Ciri Pemuda : Kapasitas

  • Keadaan/Pernyataan dirimu :

Kapasitas pemuda adalah aktivitas para pemuda dalam menunjang pelatihan semangat persatuan dan kesatuan, juga menambah pengetahuan dan wawasan pemuda. Kapasitas pemuda merupakan suatu program yang harus ditanamkan pada pemuda. Sebab dengan kapasitas pemuda, pemuda akan menyadari pentingnya rasa persatuan dan kesatuan sekaligus meningkatkan wawasan pemuda.

6. Ciri Pemuda : Aktualisasi Diri

  • Keadaan/Pernyataan dirimu :

Aktualisasi diri adalah keadaan dimana seseorang akan mencapai segala sesuatu dengan segala cara hingga tercapai. Aktualisasi diri penting ditanamkan pada pemuda saat ini. Terutama, dalam mengatasi pengangguran dini. Pemuda harus memiliki aktualisasi untuk mencapai semua yang diinginkan bagi nusa dan bangsa.

7. Ciri Pemuda : Cita-cita

  • Keadaan/Pernyataan dirimu :

Poin terpenting terakhir dari pemuda adalah cita cita. Pemuda harus memiliki tujuan untuk kedepannya. Tujuan inilah yang akan mendorong pemuda untuk mewujudkannya. Cita cita ini pula yang membawa pemuda dalam mengharumkan nama bangsa. Tanpa cita cita tidak akan terjadi Sumpah Pemuda. Begitupun pada pemuda saat ini, tanpa cita cita dia tidak akan tahu tujuan akhirnya.

Comments

Popular posts from this blog

Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 8 Kurikulum 2013 Bab 7 Aktivitas Gerak Berirama

KUNCI JAWABAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 MAHIR BERBAHASA INDONESIA KELAS 8