KUNCI JAWABAN MAHIR BERBAHASA INDONESIA BAB 4 KELAS 8

Bab 4

Pilihan Ganda

1.      C

2.      A

3.      D

4.      D

5.      C

6.      D

7.      A

8.      D

9.      A

10.  B

 

Esai

1.      Seorang pemuda rela meninggalkan orang-orang terkasih demi membela bangsanya di medan perang. Mereka menjadi penyemangat meskipun pada akhirnya takdir tidak mempertemukannya kembali dengan orang-orang terkasih karena maut memisahkan.

2.      Unsur pembangun berupa struktur lahir puisi

Imaji yang digunakan dalam puisi tersebut adalah penglihatan untuk menjelaskan kehidupan sang Gadis Peminta-minta. Diksi dalam puisi tersebut bertujuan menjelaskan karakter dan peran sang Gadis Peminta-minta di tengah-tengah kehidupan kota. Tipografi dalam puisi tersebut diawali dengan huruf kapital dan hanya terdiri atas satu bait puisi. Rima puisi tersebut bebas, tetapi terdapat pengulangan bunyi yang sama dalam satu larik. Majas dalam puisi tersebut menggunakan majas personifikasi, metafora, dan eufemisme untuk memperindah penggambaran sang Gadis Peminta-minta.

Unsur pembangun berupa struktur batin puisi

Tema puisi tersebut adalah perjuangan rakyat kecil yang diwakilkan oleh sosok gadis peminta-minta. Rasa yang disampaikan oleh penyair dalam puisi tersebut adalah prihatin dan simpati terhadap kehidupan sang Gadis Peminta-minta. Suasana yang dibangun oleh penyair dalam puisi tersebut adalah kesedihan dan keprihatinan untuk menyadarkan masyarakat kota terhadap keberadaan rakyat kecil di sekitarnya. Amanat yang ingin disampaikan penyair melalui puisi tersebut adalah hendaknya masyarakat, khususnya di perkotaan peduli terhadap orang-orang di sekitarnya, termasuk anak jalanan karena mereka juga termasuk lapisan masyarakat yang berperan dalam kehidupan sosial.

3.      Masa muda sudah berlalu dan kini datanglah usia senja. Aku lalai dan lengah di usia muda hingga kini hidup tiada berarti karena ilmu tak punya, harta pun tiada. Apa gunanya hal tersebut disesali jika hanya akan menambah luka di diri. Aku berharap para pemuda segera menata diri dan menentukan tujuan agar kelak menjadi teladan.

4.      (Jawaban sesuai kemampuan siswa)

5.      (Jawaban sesuai kemampuan siswa)

Comments

Popular posts from this blog

Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 8 Kurikulum 2013 Bab 7 Aktivitas Gerak Berirama

SOAL DAN JAWAB MUCH, MANY, A LOT, A LOT OF, DAN LOTS