ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 1
KEGIATAN 1.1
Penilaian subjektif siswa dalam menulis laporan pengamatan berdasarkan teks yang dibacakan guru, kemudian menyampaikan laporan tersebut secara lisan di depan kelas dengan percaya diri. Sikap yang dapat dikembangkan adalah percaya diri saat menjelaskan informasi dalam laporan yang didengar.
Laporan Hasil Pengamatan
Nama kegiatan : Pengamatan Tanaman Langka di Kebun Raya
Lokasi pengamatan : Kebun Raya Bogor
Waktu pengamatan : Jumat, 2 Maret 2018
Objek pengamatan : Bunga Rafflesia arnoldii
Hasil pengamatan :
Rafflesia arnoldii
merupakan salah satu tumbuhan khas Indonesia yang keberadaannya mulai langka. Berdasarkan
sejarahnya, Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan di Indonesia pada tahun
1818 di suatu hutan di Sumatra. Sejak saat itu, Pulau Sumatra pun dianggap
sebagai habitat asli dari Rafflesia arnoldii.
Rafflesia arnoldii dikenal juga oleh masyarakat sebagai bunga bangkai. Bunga pada Rafflesia arnoldii dapat mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap jika sudah mekar. Bau tidak sedap itulah yang dianggap seperti bau bangkai. Selain bau yang tidak sedap, Rafflesia arnoldii terkenal dengan kelopak bunganya. Rafflesia arnoldii memiliki bunga dengan lima mahkota bunga yang melebar. Sementara itu, kelopak-kelopak bunga tersebut berwarna oranye dengan bintik berwarna putih.
KUIS HALAMAN 5
Penilaian
subjektif siswa dalam menuliskan tiga informasi yang sesuai dengan gambar yang
disajikan, contoh:
- Gambar tiga orang anak bersama
seorang dewasa berada di pantai.
- Tokoh sedang melepas anak kura-kura
ke laut dari tepi pantai.
- Tokoh sedang mengamati pergerakan
kura-kura.
KEGIATAN 1.2
Penilaian
kelompok dengan teman sebangku dalam menuliskan kesimpulan berdasarkan
informasi pada laporan hasil pengamatan yang disajikan. Sikap yang dapat
dikembangkan adalah teliti dalam menulis kesimpulan informasi dalam teks
laporan hasil pengamatan yang dibaca. Contoh:
Taman
Buah Mekarsari merupakan pusat budidaya tanaman buah sekaligus taman rekreasi
masyarakat. Di sana masyarakat dapat belajar cara memelihara tanaman buah
sekaligus menikmati buah-buahan secara langsung.
LATIHAN ULANGAN TEMA 1
A.Pilihan Ganda
1.
B
2.
D
3.
D
4.
B
5. D
B.
Isian
1.
Sapi
di peternakan White Farm
2.
Peternakan
White Farm milik Ketua Rukun Tetangga di lingkungan
sekitar rumah Agnes
3.
Untuk
menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru sekolahnya mengenai kehidupan
makhluk hidup di lingkungan sekitar tempat tinggalnya
4.
Pengamatan
pembuatan roti sumbu
5. Roti sumbu merupakan makanan berbahan
dasar singkong yang difermentasi
C. Uraian
1.
Penilaian
subjektif siswa dalam menuliskan tiga informasi menggunakan bahasa sendiri
berdasarkan gambar yang disajikan, contoh:
·
Dua
orang sedang melakukan penebangan pohon di hutan.
·
Hutan
ditebang secara besar-besaran.
·
Dua
orang lainnyasedang bercakap-cakap.
2.
Penilaian
subjektif siswa dalam menulis kesimpulan berdasarkan informasi yang ditulis
pada nomor 1, contoh:
Kegiatan
penebangan pohon di hutan dilakukan secara besar-besaran oleh beberapa petugas
dan masyarakat.
3.
Objek
pengamatan yang dilakukan oleh Fitri adalah ayam dan kalkun.
4.
Informasi
penting yang terdapat dalam kutipan laporan hasil pengamatan tersebut, antara
lain:
·
Ukuran
ayam biasa jauh lebih kecil dan ringan daripada kalkun.
·
Ayam
memiliki jengger di bagian atas kepala, sedangkan kalkun tidak memiliki jengger
di atas kepala, tetapi memiliki janggut pada bagian dadanya.
5. Perbedaan mencolok antara ayam dan
kalkun dapat dilihat dari ukuran dan ciri fisik seperti jengger pada hewan
tersebut.
Comments
Post a Comment