ESPS BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 1



KEGIATAN 1.1

Penilaian subjektif siswa dalam menulis laporan pengamatan berdasarkan teks yang dibacakan guru, kemudian menyampaikan laporan tersebut secara lisan di depan kelas dengan percaya diri. Sikap yang dapat dikembangkan adalah percaya diri saat menjelaskan informasi dalam laporan yang didengar.

Laporan Hasil Pengamatan

Nama kegiatan            : Pengamatan Tanaman Langka di Kebun Raya

Lokasi pengamatan     : Kebun Raya Bogor

Waktu pengamatan     : Jumat, 2 Maret 2018

Objek pengamatan      : Bunga Rafflesia arnoldii

Hasil pengamatan        :

Rafflesia arnoldii merupakan salah satu tumbuhan khas Indonesia yang keberadaannya mulai langka. Berdasarkan sejarahnya, Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan di Indonesia pada tahun 1818 di suatu hutan di Sumatra. Sejak saat itu, Pulau Sumatra pun dianggap sebagai habitat asli dari Rafflesia arnoldii.

Rafflesia arnoldii dikenal juga oleh masyarakat sebagai bunga bangkai. Bunga pada Rafflesia arnoldii dapat mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap jika sudah mekar. Bau tidak sedap itulah yang dianggap seperti bau bangkai. Selain bau yang tidak sedap, Rafflesia arnoldii terkenal dengan kelopak bunganya. Rafflesia arnoldii memiliki bunga dengan lima mahkota bunga yang melebar. Sementara itu, kelopak-kelopak bunga tersebut berwarna oranye dengan bintik berwarna putih.


KUIS HALAMAN 5

Penilaian subjektif siswa dalam menuliskan tiga informasi yang sesuai dengan gambar yang disajikan, contoh:

  • Gambar tiga orang anak bersama seorang dewasa berada di pantai.
  • Tokoh sedang melepas anak kura-kura ke laut dari tepi pantai.
  • Tokoh sedang mengamati pergerakan kura-kura.

 

KEGIATAN 1.2

Penilaian kelompok dengan teman sebangku dalam menuliskan kesimpulan berdasarkan informasi pada laporan hasil pengamatan yang disajikan. Sikap yang dapat dikembangkan adalah teliti dalam menulis kesimpulan informasi dalam teks laporan hasil pengamatan yang dibaca. Contoh:

Taman Buah Mekarsari merupakan pusat budidaya tanaman buah sekaligus taman rekreasi masyarakat. Di sana masyarakat dapat belajar cara memelihara tanaman buah sekaligus menikmati buah-buahan secara langsung.

 

LATIHAN ULANGAN TEMA 1

A.Pilihan Ganda

1.    B

2.    D

3.    D

4.    B

5.  D

 

B. Isian

1.    Sapi di peternakan White Farm

2.    Peternakan White Farm  milik Ketua Rukun Tetangga di lingkungan sekitar rumah Agnes

3.    Untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru sekolahnya mengenai kehidupan makhluk hidup di lingkungan sekitar tempat tinggalnya

4.    Pengamatan pembuatan roti sumbu

5.  Roti sumbu merupakan makanan berbahan dasar singkong yang difermentasi

 

C. Uraian

1.    Penilaian subjektif siswa dalam menuliskan tiga informasi menggunakan bahasa sendiri berdasarkan gambar yang disajikan, contoh:

·      Dua orang sedang melakukan penebangan pohon di hutan.

·      Hutan ditebang secara besar-besaran.

·      Dua orang lainnyasedang bercakap-cakap.

2.    Penilaian subjektif siswa dalam menulis kesimpulan berdasarkan informasi yang ditulis pada nomor 1, contoh:

Kegiatan penebangan pohon di hutan dilakukan secara besar-besaran oleh beberapa petugas dan masyarakat.

3.    Objek pengamatan yang dilakukan oleh Fitri adalah ayam dan kalkun.

4.    Informasi penting yang terdapat dalam kutipan laporan hasil pengamatan tersebut, antara lain:

·    Ukuran ayam biasa jauh lebih kecil dan ringan daripada kalkun.

·    Ayam memiliki jengger di bagian atas kepala, sedangkan kalkun tidak memiliki jengger di atas kepala, tetapi memiliki janggut pada bagian dadanya.

5.  Perbedaan mencolok antara ayam dan kalkun dapat dilihat dari ukuran dan ciri fisik seperti jengger pada hewan tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 8 Kurikulum 2013 Bab 7 Aktivitas Gerak Berirama

KUNCI JAWABAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 MAHIR BERBAHASA INDONESIA KELAS 8