SOAL DAN JAWAB PERSIAPAN PAS SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA KELAS 5 SD KURIKULUM 2013

 


BAHASA INDONESIA KELAS 5 SEMESTER 1

1.       Ide utama dari sebuah paragraf disebut ....
a. Kalimat
      b. Penjelasan        c. Uraian        d. pikiran pokok

2.       Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
(1) Membaca sebagian kalimat dalam paragraf secara sekilas
(2) Menentukan kalimat yang mengandung informasi paling penting dari paragraf tersebut.

(3) Menentukan jeris paragraf dengan melihat letak kalimat utamanya.
(4) Menentukan ide pokok yang dinyatakan dalam kalimat utama tersebut.
Yang tidak termasuk langkah mengidentifikasi ide pokok dalam sebuah paragraf adalah ....
a. (1)
              b. (2)       c. (3)       d. (4)

3.       Paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal dan akhir kalimat disebut kalimat ....
a. Induktif
     b. Deduktif            c. Campuran          d. interaktif

4.       Otot bisa dikatakan sebagai salah satu komponen utama penyusun tubuh. Andai tidak ada, tubuh
manusia, mungkin hanya sebuah kerangka yang tampak menyeramkan saat dibuat berjalan Manfaat
otot adalah memberikan bentuk, menopang organ tubuh, mempermudah bergerak, dan lain-lain.
Ide pokok dari paragraf di atas adalah ....
a. komponen utama penyusun tubuh
b. kerangka yang tampak menyeramkan
c. manfaat otot
d. mempermudah bergerak

5.       Kalimat topik dalam suatu paragraf disebut kalimat ....
a. Kunci
         b. Penjelas             c. Utama d. akhir

6.       Faringitis adalah radang pada faring akibat infeksi oleh bakteri Streptacoccus yang ditandai tenggorokan sakit dan tampak berwarna merah. Untuk mengobati faringitis, penderita hendaknya istirahat dan diberi antibiotik.
Kalimat tanya yang tepat berdasarkan kutipan teks tersebut adalah ....
a. Siapa yang mengobati penyakit faringitis?
b. Apa yang menyebabkan faringitis?
c. Kapan faringitis terjadi?
d. Apa faringitis dapat menular?

7.       Kalimat berisi pertanyaan yang diajukan kepada seseorang kepada orang lain dengan mengharapkan adanya jawaban disebut ....
a. kata tanya
                 b. kalimat tanya
c. kalimat utama
                          d. kalimat penjelas

8.       Udara bersih dapat kita jumpai di daerah yang banyak ditanami pepohonan dan sedikit terdapat pabrik industri.
Kalimat di atas merupakan jawaban dari pertanyaan ....
a. Mengapa manusia membutuhkan oksigen?
b. Siapa yang dapat menanam tanaman?
c. Di mana kita dapat menjumpai udara segar?
d. Bagaimana cara mendapatkan udara bersih ?

9.       Dimana letak wisata alam Kalibiru?
Jawaban yang sesuai untuk pertanyaan di atas adalah ...
a. Wisata alam Kalibiru terdapat di Perbukitan Menoreh, terletak pada ketinggian 450 di atas permukaan laut, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

b. Salah satu daya tarik kawasan wisata alam ini adalah bentang alamnya yang asri berupa harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit yang sangat luas dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan memesona.
c. Masyarakat sekitar yang mengembangkan potensi alam di daerahnya menjadi wisatayang layak untuk dikunjungi.
d. Wisata alam Kalibiru mulai dibuka sejak pagi hingga malam hari.

10.    Dino : "Siapa yang suka memelihara kucing?
Yuli : "Kak Alfin yang suka memelihara kucing.
Jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut menunjukkan ....
a. Lokasi
        b. Waktu       c. Keadaan       d. orang/pelaku

11.    Pernyataan:
(1) memberikan informasi.
       (2) membujuk,
(3) mengingatkan,
                       (4) mengkritik,
(5) memberi masukan.
Fungsi iklan ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
                        b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
                        d. (3), (4), dan (5)

12.    Menginformasikan tempat penjualan produk kepada calon konsumen merupakan salah satu contoh fungsi ....
a. Transportasi
    b. Formal     c. Marketing     d. informasional

13.    Iklan yang menggunakan bahasa berupa singkatan-singkatan disebut ....
a. iklan niaga
    b. iklan jasa    c. iklan baris    d. iklan baliho

14.    Berikut ini kalimat iklan yang komunikatif adalah ....
a. Sabun ini memiliki aroma seperti buah jeruk
b. Cukup banyak orang yang membeli produk ini
c. Mereka ingin mencoba produk yang diiklankan
d. Beli produk kami sekarang dan menangkan hadiahnya

15.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Kalimat singkat dan jelas.
(2) Tulisan dan gambar menarik
(3) Menggunakan bahasa asing.
(4) Disampaikan dengan warna-warni.
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat iklan adalah ....
a. (1), (2), dan (3)
        b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
        d. (2), (3), dan (4)

16.    Kalau ada sumur di ladang
Boleh kita menumpang mandi
Kalau ada umurku panjang
Boleh kita bertemu lagi
Bacaan di atas merupakan sebuah ....
a. Pantun
      b. Cerita                 c. Sajak   d. syair

17.    Berikut ini yang merupakan ciri-ciri dari pantun adalah ....
a. baris 2 dan 3 isi
                       b. bersajak a-b-b-a
c. baris 1 dan 3 sampiran
d. satu bait terdiri dari 8-12 suku kata

18.    Perhatikan pantun berikut!
Pagi-pagi berolahraga.
Keliling kampung berlari-lari.
Belajar itu perlu berdoa.
Supaya kita berilmu tinggi.
Pantun tersebut termasuk pantun ....
a. anak-anak
b. Dewasa    c. Jenaka    d. nasihat

19.    Pisang emas bawa berlayar.
Masak sebiji di dalam peti.
Isi pantun yang tepat untuk melengkapi adalah ....
a. Mahal emas dapat dibayar. Utang budi pikir sendiri.
b. Barang pecah harus dibayar. Utang budi dibawa mati

c. Jika berhutang harus dibawa. Utang budi tidak pasti
d. Utang emas dapat dibayar. Utang budi dibawa mati

20.    Perhatikan pantun berikut ini!
(1) Kucing hitam halus bulunya
(2) Kumis panjang putih warnanya
(3) Geram sudah hatiku dibuatnya
(4) Uang hilang, siapa pelakunya?
Sampiran pada pantun ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
                b. (2) dan (3)
c. (2) dan (4)
                d. (3) dan (4)

21.    Perhatikan pantun berikut!
Berakit-rakit ke hulu.
Berenang-renang ke tepian.
Bersakit-sakit dahulu.
Bersenang-senang kemudian.
Pantun di atas termasuk pantun ....
a. Jenaka
       b. Nasihat               c. Kiasan                 d. teka-teki

22.    Pergi ke toko beli kedondong
Buahnya matang dibeli dua.
Jadi anak jangan berbohong.
Agar disayang orang tua.
Amanat dari pantun di atas adalah ....
a. Jika pergi ke toko jangan lupa beli dua buah kedondong.
b. Jika ingin di sayang orang tua harus pandai berbohong.

c. Agar disayang orang tua maka harus membeli kedondong.
d. Agar disayang orang tua maka ketika bicara jangan suka berbohong.

23.    Perhatikan pantun rumpang berikut!
Jalan-jalan ke Pulau Buru.
Sungguh elok mentari pagi.
Isi yang sesuai untuk melengkapi pantun di atas adalah ....
a. Ingatlah selalu nasihat guru. Belajar giat raih prestasi
b. Ingatlah selalu nasihat ibu. Raihlah cita-cita untuk masa depan.
c. Nasihat guru kan kukenang. Belajar giat raih prestasi.
d. Setinggi langit cita-citamu. Belajar giat pasti tercapai

24.    Bunga mawar warnanya merah.
Bunga melati warnanya putih.
Isi baris yang ketiga dan keempat yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah ....
a. Hidup harus jangan gelisah. Tetaplah sabar menghadapinya.
b. Kamu harus pantang menyerah. Tetaplah semangat giat berlatih.
c. Baju mereka warnanya merah. Baju milikku warnanya putih.
d. Kita harus selalu pasrah. Terpenting kita telah berusaha.

25.    Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Tidak mengenal sampiran.
  (2) Bersajak a-b-a-b.
(3) Bersajak a-a-a-a.
                    (4) Merupakan jenis puisi lama.
Pernyataan tersebut yang bukan merupakan ciri syair adalah ....
a. (1)
              b. (2)       c. (3)       d. (4)

26.    Perhatikan pantun berikut!
Banyak tanaman bunga di kebunku,
Daunnya layu sungguh ku tak tega.
Ku jaga organ peredaranku,
Dengan rajin berolahraga.
Bagian isi ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
     b. (2) dan (4)     c. (1) dan (3)     d. (3) dan (4)

27.    Bacalah pantun di bawah ini!
Anak-anak bermain batu.
Batu dikira satu persatu.
Badannya lurus bermata satu.
Ekornya tajam apakah itu?
Pantun tersebut termasuk jenis pantun ....
a. Jenaka
       b. teka-teki            c. Nasihat               d. anak-anak

28.    Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri pantun adalah ....
a. satu bait terdiri empat baris
b. baris satu dan dua berisi sampiran
c. baris ketiga dan keempat berisi sindiran
d. bersajak a - b – a – b

29.    Perhatikan pantun berikut!
Tinta hitam untuk menulis.
Menulis indah tangan bergetar.
llmu itu tak akan habis.
Asal kita mau belajar.
Pesan dalam pantun di atas adalah ....
a. ilmu tak akan habis walau tanpa belajar.
b. ilmu tak akan habis jika asal dipelajari.
c. ilmu akan habis jika dipelajari.
d. ilmu tak akan habis jika kita pelajari

30.    Perhatikan pantun berikut!
Bunga melati semerbak nan wangi.
Terlihat mekar berseri di dalam taman.
Hilangkanlah congkak dan iri hati.
Agar banyak teman hidup pun nyaman
Pesan dalam pantun di atas adalah ....
a. kita harus bebas dari rasa congkak dan iri hati agar dipuji teman.
b. orang yang congkak dan irí hati, hidupnya nyaman dan banyak teman

c. kita tidak boleh iri hati terhadap teman yang hidupnya nyaman
d. jadi orang jangan congkak dan iri hati agar hidup nyaman dan banyak teman

31.    Perhatikan penggalan pantun berikut ini!
Jikalau ada kasur yang basah
Jemurlah ia di tanah datar
Penggalan pantun tersebut merupakan bagian dari ....
a. Pembuka
       b. Penutup     c. Sampiran     d. isi

32.    Pantun berikut ini untuk soal normor 17 - 19.
Pagi-pagi berolahraga
Keliling kampung berlari-lari
Belajar itu perlu berdoa
Supaya kita berilmu tinggi
Pantun di atas termasuk pantun...
a. anak-anak
     b. Jenaka           c. Dewasa              d. nasihat

33.    Rima pantun di atas adalah ....
a. Aaaa
          b. Aabb  c. Abab                   d. bbbb

34.    Amanat pantun tersebut adalah ....
a. mari berlari pagi
b. berolahraga setiap hari
c. seharusnya kita selalu berdoa
d. belajar perlu berdoa agar berilmu tinggi

35.    Perhatikan pantun berikut ini!
Ke taman naiknya roda tiga
Adik senang ketika dikejar
Kesehatan jantung perlu dijaga
Agar darah kita mengalir lancar
Sajak dari pantun di atas adalah ....
a. a – a - a – a
               b. a – r - a - r
c. ga - jar – ga – car
    d. a - b – a – b

36.    Teks yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam
kehidupan kita sehari-hari disebut teks ....
a. Fiksi
     b. Nonfiksi     c. Naratif     d. deskriptif

37.    Pokok pikiran dalam sebuah paragraf dapat dipahami dengan mudah melalui ....
a. kalimat pertama
      b. seluruh paragraf
c. kalimat terakhir
       d. kalimat utama

38.    Penjabaran dari ide pokok paragraf dilakukan oleh ....
a. kalimat penjelas
      b. kalimat penghubung
c. kalimat tanya
           d. kalimat perintah

Perhatikan paragraf berikut untuk soal nomor 39 dan 40 !
Setiap hari Jumat,sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.

39.     Ide pokok dalam paragraf di atas terletak pada ....
a. awal paragraf
           b. tengah paragraf
c. akhir paragraf
          d. seluruh paragraph

40.    Kalimat utama dalam paragraf di atas adalah ….
a. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan.
b. Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah
c. Gerakan mengharumkan sekolah.
d. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih.

41.    Jika kamu diminta mengamati cara pengolahan susu sapi, lokasi pengamatan yang tepat adalah ....
a. pabrik pengolahan susu sapi
                b. pemilik sapi perah
c. penjual susu segar
              d. tempat pemerahan susu sapi

42.    Bahasa yang digunakan dalam penulisan laporan pengamatan adalah ....
a. Gaul
           b. Baku   c. sehari-hari         d. tidak baku
Perhatikan paragraf berikut!
Sumber utama data kependudukan adalah Sensus Penduduk, yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali. Sensus Penduduk telah dilaksanakan sebanyak enam kali sejak merdeka, yaitu tahun
1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan yang terakhir tahun 2010. Selain Sensus Penduduk juga dilakukan Survei Penduduk Antar sensus yang dilaksanakan antara dua periode sensus.

43.    Pokok pikiran paragraf di atas adalah ....
a. sensus penduduk terakhir dilakukan pada tahun 2010
b. sensus penduduk dibantu dengan pelaksanaan survei penduduk antarsensus
c. sumber utama data kependudukan adalah sensus penduduk
d. sensus penduduk telah dilaksanakan sebanyak enam kali

44.    Sebelum menulis karangan nonfiksi, sebaiknya didahului dengan membuat ....
a. panjang karangan
                   b. tujuan karangan
c. judul karangan
                        d. kerangka karangan

45.    Hutan adalah salah satu kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon dan beragam binatang. Hutan biasanya berada di daerah pinggiran kota dan berhawa sejuk.
Ide pokok paragraf di atas adalah ….
a. Hutan berhawa sejuk
b. Hutan adalah kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon, dan beragam binatang.
c. Hutan adalah kawasan yang alami.
d. Hutan berisi ribuan jenis pohon dan beragam tumbuhan.

46.    Sebuah teks memiliki judul "Pengaruh Penebangan Liar terhadap Kehidupan Hewan". Jika dicermati dengan saksama, teks tersebut termasuk kategori ....
a. Fabel
         b. Novel c. Anekdot             d. teks nonfiksi

47.    Kerusakan ekosistem laut disebabkan oleh penangkapan ikan dengan bahan peledak. Informasi di atas dapat diketahui dengan kata tanya….
a. Siapa
         b. Kapan                 c. di mana              d. mengapa

48.    Ide pokok yang berada di kalimat awal sebuah paragraf merupakan ciri paragraf ....
a. Deduktif
   b. Deskriptif          c. Induktif              d. naratif

49.    Kalimat topik dalam sebuah paragraf diperinci dengan ….
a. kalimat penjelas
                      b. gambar
c. tabel pemerian
       d. catatan kaki

50.    Perhatikan teks berikut ini!
Nelayan sudah mengetahui ikan mati sebenarnya sejak Kamis kemarin. Semula nelayan masih menganggap normal. Tapi hari ini jumlah ikan yang mati semakin banyak, sehingga membuat resah. Apa lagi warna kemerah-merahan bertambah luas hingga ke tengah laut. Kalau banyak ikan kecil yang mati pasti tangkapan ikan akan berkurang keluh para nelayan.
Hal pokok yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
a. Semula nelayan masih menganggapnya wajar.
b. Jumlah ikan yang mati makin banyak dan warna kemerah-merahan bertambah luas.
c. Nelayan sudah mengetahui ikan mati sejak hari Kamis

d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.

51.    Ide utama dari sebuah paragraf adalah ….
а. pikiran penjelas
      b. pikiran pokok
c. Tema
                         d. kalimat tanya

Perhatikan teks bacaan berikut ini!
Jalan Layang
Jalan di kota besar banyak jumlahnya. Selain banyak, jalan di kota-kota besar lebar dan dilengkapi dengan trotoar. Jalan yang lebar itu ditujukan bagi kendaraan, sedangkan trotoar ditujukan bagi pejalan kaki. Jumlah kendaraan semakin hari semakin banyak membuat suasana di persimpangan jalan juga semakin padat. Di persimpangan itu, biasanya dipasang lampu lalu lintas. Karena semakin hari semakin padat, pada beberapa persimpangan yang paling ramai, dibuat jalan di-atas jalan, namanya jalan layang.

52.    Pikiran pokok paragraf pertama adalah ....
а. Jalan di kota besar lebar.
b. Jalan di kota besar banyak jumlahnya.
c. Jalan yang lebar untuk kendaraan.
d. Trotoar untuk pejalan kaki.

53.    Kalimat utama diuraikan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf yang disebut kalimat...
a. Penjelas
    b. Utama                c. Pokok d. pendukung

54.    Perhatikan percakapan berikut ini!
Andi : "Ton, bagaimana kamu dapat memelihara hewan piaraanmu dengan baik? Kamu tentu memberi makan dengan baik, kan?"
Anton : : "Tentu saja, Andi. Orang tuaku tidak akan memberikan izin memelihara hewan di rumah jika aku tidak dapat memeliharanya dengan baik."
Informasi yang diperoleh dari percakapan di atas adalah ....
a. Anton dapat memelihara hewan dengan baik.
b. Anton tidak memelihara hewan dengan baik
c. Andi dapat memelihara hewan dengan baik.
d. Andi senang bisa memelihara hewan dengan baik.

55.    Bacalah teks berikut ini dengan saksama !
Ekosistem yang tidak seimbang akan berdampak langsung pada keberlangsungan hidup manusia kelak. Ekosistem yang paling banyak mengalami ketidakseimbangan akibat ulah manusia adalah ekosistem darat dan laut. Akibat dari ketidakseimbangan ekosistem ini, populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya akan berkurang atau hilang. Agar bumi menjadi tempat yang aman untuk ditempati, keseimbangan ekosistem hutan dan laut perlu dijaga.
Kalimat topik paragraf di atas adalah ....
a. Keseimbangan ekosistem hutan dan laut perlu dijaga.
b. Ekosistem yang paling banyak mengalami ketidakseimbangan akibat ulah manusia adalah ekosistem darat dan laut.
c. Ekosistem yang tidak seimbang akan berdampak langsung pada keberlangsungan hidup manusia kelak.
d. Populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya akan berkurang atau hilang.

 

               

 


1.       Ide utama dari setiap paragraf disebut ..................

2.       Tujuan dari membaca sekilas adalah .........................

3.       Kalimat yang digunakan untuk mengembangkan kalimat utama disebut ........................

4.       Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir disebut .....

5.       Kalimat yang berfungsi untuk menjelaskan dan menjabarkan kalimat utama disebut kalimat ..........

6.       Bernapas adalah proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.
Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban tersebut adalah
...

7.       Bagaimana cara membuat meja dari kayu?
Pertanyaan tersebut sesuai untuk ditanyakan kepada .........

Untuk menjawab soal nomor 8 dan 9, baca teks berikut !
TBC atau tubcrculosis adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan
merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat jantung, dan organ lainnya.

8.       Apa penyebab TBC? Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah .......................

9.       Bagian mana saja yang biasa terserang TBC? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ................

10.    Sampah dapat dikelola dengan cara penerapan 3R, yaitu reduce, reuse, recycle. Pertanyaan yang benar untuk jawaban tersebut adalah ............................

11.     Sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah sebagai alat bantu pembuatan iklan di media elektronik adalah ..............................................................

12.    Sebuah iklan cat tembok membuat pernyataan bahwa cat tersebut dapat awet hingga 10 tahun. Hal tersebut merupakan unsur iklan berupa ..........

13.    Baliho merupakan jenis iklan media ...................

14.    Iklan berbentuk selembar kertas yang dicetak bolak-balik atau satu muka saja disebut ..................

15.    Kalimat yang digunakan pada iklan bersifat persuasif, artinya...

16.    Jumlah baris pada pantun adalah .......................................

17.    Baris ketiga dan keempat pada pantun dinamakan ..............

18.    Perhatikan pantun berikut !
Anak itik selesai berenang
Nampak lucu di tengah sawah
Sungguh hatiku merasa senang
Hari ini aku diberi hadiah
Baris pertama dan kedua merupakan bagian ..............

19.    Perhatikan pantun berikut ini!
Anak gajah mandi di sumur
Ambil gajah dalam perahu
Jangan mudah jadi takabur
Cobaan adalah siapa tahu
Makna dari pantun tersebut adalah ..........................................................................................................

20.    Pantun yang isinya dapat membuat pendengarnya tertawa termasuk jenis pantun ............................

21.    Pagi-pagi berolahraga.
Keliling kampung berlari-lari.
Belajar itu perlu berdoa.
Supaya kita berilmu tinggi.

Pantun di atas termasuk pantun ............

22.    Amanat pantun biasanya terdapat pada bagian ..................................................................................

23.    Isi pantun terdapat pada baris .......................... dan ................

24.    Sampiran pada pantun terdapat pada baris .........

25.    Pantun yang berisi tentang budaya dari suatu daerah disebut pantun

26.    Pantun lucu disebut pantun .........

27.    Jumlah suku kata dalam pantun adalah ..............

28.    Perhatikan pernyataan di bawah ini !
(1) Jangan lupa kepada saya
(2) Laju-laju perahu laju
(3) Boleh lupa kain dan baju
(4) Perahu laju ke Surabaya
Urutan yang benar untuk membentuk sebuah pantun adalah ..................................................................

29.    Berbalas pantun adalah kegiatan membacakan pantun secara .........................................................

30.    Sungguh kamu si anak kancil.
Anak badak patah culanya.
Tuntutlah ilmu selagi kecil.
Sudah besar tinggal senangnya.

Pantun tersebut termasuk pantun .......

31.    Untuk mengetahui pesan yang terkandung dalam pantun, kita harus memahami baris .................... dan ..................

32.    Pantun adalah puisi lama dari ..........

33.    Ke pasar baru beli kacamata
Dengan semangat sambil berlari
Jagalah selalu kesehatan kita
Dengan olahraga setiap hari

Pantun di atas termasuk contoh pantun .............

34.    Akhir bunyi di akhir baris pada pantun dinamakan .............................................................................

35.    Kacang goreng enak dimakan
Kue tape diberi ragi
Kalau tembok sudah dibersihkan
Jangan ada coretan lagi
Pantun di atas memiliki rima ...............


1.       Jelaskan fungsi kalimat penjelas!

2.       Mengapa kita harus membaca intensif sebelum menentukan ide pokok suatu bacaan?

3.       Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berolahraga akan membuat tubuh kita selalu sehat
dan bugar sepanjang hari. Tubuh yang sehat akan membuat kita terhindar dari penyakit, sehingga
kita bisa menjalani aktivitas tanpa halangan apapun. Oleh karena itu, olahraga sangatlah penting
untuk dilakukan.
Tuliskan ide pokok pada paragraf di atas!

4.       Di manakah letak gagasan utama dalam bacaan?

5.       Jelaskan yang dimaksud dengan gagasan pendukung!

6.       Peristiwa tanah longsor terjadi di lereng Gunung Merapi?
Buatlah sebuah kalimat tanya berdasarkan jawaban di atas!

7.       Bagaimana rumus 5W+1H dapat membantu memahami sebuah teks bacaan!

8.       Buatlah kalimat tanya menggunakan 5W + 1H tentang hak dan kewajiban !

9.       Jelaskan pengertian informasi tersurat dan informasi tersirat dalam sebuah teks bacaan!

10.    Jelaskan pengertian kalimat tanya beserta fungsi kata tanya yang ada pada rumus 5W+1H!

11.    Mengapa iklan harus menggunakan bahasa yang persuasif?

12.    Apa yang dimaksud dengan iklan layanan masyarakat ?

13.    Apa saja unsur-unsur iklan yang efektif? Jelaskan!

14.    Apa fungsi kepala pesan iklan (headline)?

15.    Mengapa bahasa iklan harus mudah dipahami dan menarik?

16.    Perhatikan pantun berikut!
Sangat kencang angin topan.
Menerjang kayu jadi berantakan.
Berbakti kepada Ibu kewajiban.
Berbakti kepada ayah jangan dilupakan.
Jelaskan makna dari pantun tersebut !

17.    Perhatikan pantun berikut!
Ke luar kota menjual tabung.
Tabung dijual lalu dibeli lagi.
Jangan lupa rajin menabung.
Agar kau kelak tidak merugi.
Tunjukkan bagian manakah yang merupakan sampiran ! Berikan alasanmu !

18.    Apa yang dimaksud dengan pantun jenaka?

19.    Berikan sebuah contoh pantun jenaka!

20.    Sebutkan ciri-ciri pantun!

21.    Jelaskan tentang sampiran dan isi pada pantun !

22.    Perhatikan pantun berikut ini!
Ada anak kecil bermain batu.
Batu dilempar masuk ke sumur.
Belajar itu tak kenal waktu
Juga tidak memandang umur
Apa jenis pantun di atas?

23.    Pagi hari udaranya segar.
Jalan-jalan walau terasa dingin.
Jika ingin badan tetap bugar.
Olahragalah selalu dengan rajin
Jelaskan maksud dari pantun tersebut !

24.    Cari makan ke arah dapur,
Ada nasi tinggal sedikit.
Pola makan harus di atur,
Agar tubuh tidak mudah sakit.
Jelaskan makna yang terkandung dari pantun tersebut !

25.    Apa yang dimaksud dengan pantun anak?

26.    Di depan pintu ada tamu.
Tamu datang memakai jubah.
Buku itu sumber ilmu.
Kalau dibaca wawasan bertambah.
Apa amanat dari pantun tersebut ?

27.    Jelaskan yang dimaksud dengan kegiatan berbalas pantun!

28.    Aldo dan Olga sedang berbalas pantun seperti berikut.
Aldo
Ada ikan di meja makan
Kucing mengintip di bawah bangku
Kalau memang kita berteman
Bolehkah aku meminjam buku
Olga
Air panas suam kuku
Kuku lima jadi bagus
Boleh saja meminjam buku
Asal kembalinya juga bagus

Jelaskan isi dari berbalas pantun tersebut!

29.    Jelaskan cara mendeklamasikan pantun!

30.    Buatlah contoh pantun nasihat !

31.    Jelaskan perbedaan pantun dengan syair !

32.    Bacalah pantun di bawah ini dengan seksama !
Merah muda baju si bibi.
Di tangannya ada bayam seikat
Masalah warga datang bertubi.
Berkumpullah untuk mufakat.
Apa makna dari puisi di atas?

33.    Jelaskan yang dimaksud dengan pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua!

34.    Mengapa pantun disebut juga puisi?

35.    Perhatikan pantun berikut ini !
Jelas sudah muram si duda
Karena kasihnya tiada lagi asa
Tiada detik bias wajah adinda
Hingga lapar tak lagi ....
Tulislah kata yang sesuai untuk melengkapi pantun rumpang di atas!

36.    Bagaimana ciri-ciri teks nonfiksi?

37.    Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memahami isi teks nonfiksi!

38.    Apa fungsi dari peta pikiran?

39.    Perhatikan paragraf berikut!
Pencemaran yang disebabkan ulah manusia membuat alam tidak mampu kembali ke kondisi  semula, Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi.
Apa pokok pikiran paragraf di atas?

40.    Tuliskan cara membuat ringkasan yang baik!

41.    Perhatikan paragraf berikut!
Kegiatan positif banyak jenisnya. Ada kegiatan yang memerlukan tenaga saja sampai memerlukan
pemikiran. Contoh kegiatan yang memerlukan tenaga, misalnya berkebun. Contoh kegiatan yang
memerlukan pemikiran, misalnya belajar.
Apa gagasan utama paragraf di atas?

42.    Uraikan langkah-langkah membuat teks norfiksi!

43.    Apa yang kamu ketahui tentang ringkasan paragraf?

44.    Perhatikan teks berikut !
Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka terletak di Yogyakarta. Perjalanan dari Solo menuju Kebun Binatang Gembira Loka dapat ditempuh selama dua jam. Kebun binatang ini adalah salah satu tempat wisata yang banyak digemari. Di kebun binatang, pengunjung dapat melihat beraneka ragam binatang. Baik binatang buas, binatang bertubuh besar maupun kecil. Semua binatang tersebut dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Binatang-binatang ditempatkan sesuai dengan lingkungan hidupnya. Binatang yang hidup di air seperti buaya dan kuda nil ditempatkan di kolam-kolam besar. Binatang buas dibuatkan kandang yang kuat. Burung dibuatkan tempat khusus, berupa sangkar-sangkar yang luas. Semua itu memudahkan pengunjung untuk melihat secara dekat perilaku binatang tanpa takut diterkam.
Buatlah ringkasan dari bacaan di atas !

45.    Tuliskan sebuah teks singkat tentang pengalaman pribadimu!

46.    Apa yang dimaksud dengan membaca intensif?

47.    Sebutkan beberapa jenis kata tanya beserta fungsinya!

48.    Bagaimana cara menemukan sebuah kalimat topik dalam bacaan?

49.    Apa yang dimaksud dengan membaca memindai ?

50.    Apa saja langkah penting dalam membaca sekilas?

51.    Apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi?

52.    Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan,seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapl juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.
Temukan kalimat utama dalam paragraf di atas!

53.    Sebutkan langkah-langkah dalam menyusun karangan nonfiksi!

54.    Apa yang dimaksud dengan laporan kunjungan?

55.    Sebutkan kata tanya yang digunakan dalam membuat suatu pertanyaan! Berikan contohnya!


KUNCI JAWABAN


1.       d. pikiran pokok

2.       a. (1)

3.       c. campuran

4.       c. manfaat otot

5.       c. utama

6.         b. Apa yang menyebabkan faringitis?

7.       a. kata Tanya

8.       c. Di mana kita dapat menjumpai udara segar?

9.       a. Wisata alam Kalibiru terdapat di Perbukitan Menoreh, terletak pada ketinggian 450 di atas permukaan laut, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

10.    d. orang/pelaku

11.    a. (1), (2), dan (3)

12.    c. iklan baris

13.    c. marketing

14.    d. Beli produk kami sekarang dan menangkan hadiahnya

15.    b. (1), (2), dan (4)

16.    a. pantun

17.    d. satu bait terdiri dari 8-12 suku kata

18.    d. nasihat

19.    d. Utang emas dapat dibayar. Utang budi dibawa mati

20.    a. (1) dan (2)

21.    c. kiasan

22.    d. Agar disayang orang tua maka ketika bicara jangan suka berbohong.

23.    a. Ingatlah selalu nasihat guru. Belajar giat raih prestasi

24.    b. Kamu harus pantang menyerah. Tetaplah semangat giat berlatih.

25.    b. (2)

26.    d. (3) dan (4)

27.    teka-teki

28.    c. baris ketiga dan keempat berisi sindiran

29.    d. ilmu tak akan habis jika kita pelajari

30.    d. jadi orang jangan congkak dan iri hati agar hidup nyaman dan banyak teman

31.    c. sampiran

32.    d. nasihat

33.    b. abab

34.    d. belajar perlu berdoa agar berilmu tinggi

35.    d. a - b – a – b

36.    b. nonfiksi

37.    d. kalimat utama

38.    a. kalimat penjelas

39.    a. awal paragraph

40.    d. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih.

41.    a. pabrik pengolahan susu sapi

42.    b. baku

43.    c. sumber utama data kependudukan adalah sensus penduduk

44.    d. kerangka karangan

45.    a. deduktif      

46.    c. Hutan adalah kawasan yang alami.

47.    d. teks nonfiksi

48.    d. mengapa

49.    a. kalimat penjelas

50.    d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.

51.    b. pikiran pokok

52.    b. Jalan di kota besar banyak jumlahnya.

53.    a. penjelas

54.    a. Anton dapat memelihara hewan dengan baik.

55.    a. Keseimbangan ekosistem hutan dan laut perlu dijaga.

 

1.       ide pokok

2.       untuk menemukan informasi tertentu yang dibutuhkan

3.       kalimat penjelas

4.       paragraf induktif

5.       penjelas

6.       Apa yang dimaksud dengan bernapas?

7.       Pengrajin

8.       Penyebab TBC atau tubcrculosis adolah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia.

9.       paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat jantung, dan organ lainnya.

10.    Bagaimana cara mengelola sampah ?

11.    Storyboard

12.    promosi barang

13.    cetak

14.    selebaran

15.    bersifat mempengaruhi dan berisi ajakan agar orang yang membacanya mau melakukannya

16.    4

17.    Isi

18.    Sampiran

19.    jangan mudah takabur

20.    jenaka

21.    nasihat

22.    isi

23.    3 dan 4

24.    1 dan 2

25.    Adat

26.    Jenaka

27.    8 – 12 suku kata

28.    (2) Laju-laju perahu laju
(4) Perahu laju ke Surabaya
(3) Boleh lupa kain dan baju
(1) Jangan lupa kepada saya

29.    Bergantian

30.    Nasihat

31.    isi pantun

32.    Melayu

33.    Nasihat

34.    Sajak

35.    A-B-A-B


 

1.       Fungsi kalimat penjelas :
- untuk menjelaskan kalimat utama
- memaparkan informasi pendukung
- agar paragraf lebih padu dan berisi

2.       agar kita memahami apa yang kita baca sehingga memudahkan kita menemukan ide pokok

3.       Manfaat olah raga

4.       Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

5.       Gagasan pendukung disebut juga gagasan penjelas yang fungsinya menjelaskan gagasan pokok.

6.       Di mana peristiwa tanah longsor terjadi ?

7.       5W + 1H adalah serangkaian pertanyaan (What, Where, When, Who, Why dan How) yang digunakan untuk menggali informasi suatu teks seperti Apa, dimana, kapan, siapa, kenapa dan bagaimana.

8.       Apa kewajiban anak kepada kedua orang tuanya?
Di mana kita sebaiknya melaksanakan kewajiban ?
Kapan kita boleh menuntut hak?
Siapa saja yang berhak mendapatkan nilai ulangan?
Mengapa kita harus mendahulukan kewajiban dari pada hak?
Bagaimana agar hak dan kewajiban bisa dilaksanakan dengan seimbang ?

9.       Informasi tersurat adalah informasi yang menjelaskan segala hal secara langsung tanpa ada hal yang ditutup-tutupi atau disembunyikan. Informasi tersirat adalah informasi yang sifatnya rahasia, penuh misteri, dan dapat diketahui dengan cara menerka/menebaknya.

10.    Kalimat tanya adalah kalimat yang berfungsi untuk mengajukan pertanyaan kepada seseorang.
- What (apa) berfungsi untuk menanyakan yang sedang terjadi
- Where (dimana) berfungsi untuk menanyakan tempat
- When (kapan) berfungsi untuk menanyakan waktu
- Why (kenapa) berfungsi untuk menanyakan alasan/sebab
- Who (siapa) berfungsi untuk menanyakan orang/ pelaku
- How (bagaimana) berfungsi untuk menanyakan cara

11.    tujuannya untuk mempengaruhi orang agar tertarik

12.    Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.

13.    Unsur-unsur iklan yang efektif :
1. Kalimat deskriptif
2. Kalimat persuasif
3. Attention ( perhatian )
4. Interest ( minat )
5. Desire ( keinginan )
6. Conviction ( rasa percaya )
7. Action ( tindakan )
8. Memiliki sasaran yang jelas tentang produk dan jasa yang ditawarkan.

14.    untuk menarik perhatian pembaca

15.    agar iklan bisa diterima oleh masyarakat

16.    kita harus berbakti kepada ibu dan ayah

17.    baris pertama dan kedua adalah sampiran

18.    Pantun jenaka adalah pantun yang lucu

19.    Mengambil air di dalam perigi
Tali timbanya panjang sehasta
Jikalau kucing tak bergigi
Alamat tikus berpesta pora

20.    Ciri-ciri pantun :
Terdiri 4 baris dalam 1 bait.
1 baris terdiri dari 8-12 suku kata.
Memiliki sajak a-b-a-b.
Baris pertama dan kedua merupakan sampiran.
Baris ketiga dan keempat merupakan isi.

21.    Sampiran adalah dua baris pertama yang berkaitan dengan alam dan biasanya tidak memiliki hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud. Isi adalah baris 3 dan 4 dalam sebuah pantun yang merupakan maksud atau tujuan dari pantun tersebut

22.    pantun nasihat

23.    agar badan tetap bugar maka harus rajin olahraga

24.    mengatur pola makan agar tidak mudah sakit

25.    Pantun yang menggambarkan suasana yang gembira seperti karakter anak anak yangg suka bermain

26.    buku adalah sumber ilmu maka sering-seringlah membaca

27.    berbalas pantun adalah pantun yang di lakukan 2 orang atau lebih dengan cara mengucapkan pantun kemudian membalasnya

28.    Aldo ingin meminjam buku Olga. Oleh Olga diizinkan asal buku yang dipinjamkan kembalinya bagus

29.    dibaca dengan lantang

30.    Jikalau ada kasur yang basah
Jemurlah ia di tanah datar
Jikalau teman berbuat salah
Nasihatilah supaya sadar

31.    Pantun terdiri dari baris sampiran dan isi sedangkan syair keempat barisnya merupakan isi. Pantun bersajak a-b-a-b sedangkan syair bersajak a-a-a-a

32.    jika ada masalah sebaiknya dimusyawarahkan

33.    Pantun kanak kanak adalah pantun yang memiliki kaitan dengan masa kanak kanak yang mana pantun ini menggambarkan makna suka cita
Pantun Muda adalah pantun yang mengenai kehidupan masa muda yang berisi perkenalan, hubungan asmara dan rumah tangga.
Pantun tua adalah pantun mengenai orang tua mengenai ada budaya, agama, dan nasihat.

34.    karena pantun merupakan salah satu jenis puisi lama

35.    terasa

36.    Ciri-ciri teks nonfiksi :
a. Ditulis dengan tidak menggunakan gaya bahasa.
b. Sifat katanya denotatif atau dengan makna sebenarnya.
c. Berbentuk karangan ilmiah.
d. Ditulis berdasarkan pengamatan atau penelitian
e. Tulisan berdasarkan kenyataan

37.    judul teks, penggunaan bahasa, berdasarkan fakta

38.    Fungsi dari peta pikiran yaitu untuk membuat catatan hal-hal penting yang saling berkaitan untuk keperluan tertentu

39.    Pencemaran yang disebabkan ulah manusia

40.    Cara membuat ringkasan yang baik :
-membaca dengan cermat bacaan yang akan di ringkas
-menulis pokok-pokok penting dari bacaan
-menulis pokok-pokok tersebut menjadi paragraph

41.    Kegiatan positif banyak jenisnya.

42.    Langkah-langkah membuat teks norfiksi :
1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
4. Menyusun kerangka karangan (seperti pembukaan, isi, penutup)
5. Menyusun paragraph

43.    Ringkasan paragraf adalah pokok-pokok terpenting dari sebuah paragraph

44.    Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata yang banyak digemari. Semua binatang dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Kebun binatang ini juga memudahkan pengunjung untuk melihat secara dekat perilaku binatang tanpa takut diterkam.

45.    Aku termasuk murid yang berprestasi. Semua pelajaran sekolah aku sukai. Pelajaran matematika bisa dibilang akulah jagonya. Yang paling tidak aku suka di sekolah adalah ketika ulangan. Bukan karena ulangannya. Tapi karena ulah teman-temanku. Kebetulan aku punya teman satu bangku dan dua teman di bangku belakangku. Ketiganya itu sangatlah menyebalkan. Bagaimana tidak. Mereka itu suka menyontek. Jadi setiap ulangan akulah yang harus belajar sementara mereka kerjanya hanya menyontek. Jika aku tidak memberikan jawabannya, maka aku dimusuhi. Aku selalu saja menurut karena aku takut dengan ketiga temanku yang semuanya bertubuh besar.

46.    Membaca intensif adalah membaca suatu bacaan dengan sungguh-sungguh dan memahami isi bacaan

47.    Ada 7 kata yang termasuk ke dalam kelompok kata tanya, yakni sebagai berikut :
1. Apa, fungsinya untuk menanyakan sesuatu.
2. Siapa, fungsinya untuk menanyakan mengenai pelaku suatu kejadian.
3. Kapan, fungsinya untuk menanyakan waktu berlangsungnya suatu kerjadian.
4. (di, ke, dari) mana, fungsinya adalah untuk menanyakan tempat
5. Mengapa, fungsinya untuk menanyakan alasan atau penyebab suatu peristiwa.
6. Bagaimana fungsinya untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan proses atau cara
7. Berapa, fungsinya untuk menanyakan jumlah, banyaknya, atau satuan.

48.    Cara menemukan sebuah kalimat topik dalam bacaan :
a. Melihat pada judul bacaan.
b. Menemukan kalimat utama yang biasanya terletak pada bagian awal atau bagian akhir paragraf bacaan.
c. Menemukan kata kunci yang terdapat dalam bacaan.

49.    Membaca memindai adalah membaca untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat.
Contoh : mencari nomor telepon, mencari kata dalam kamus

50.    Kenali materi bacaan, kenali ide pokok, lakukan pergerakan mata dengan cepat

51.    Teks non-fiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan kenyataan yang ada, realita tanpa mengada-ada, atau hal yang benar terjadi dalam kehidupan.

52.    Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih.

53.    Langkah-langkah dalam menyusun karangan nonfiksi :
1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
4. Menyusun kerangka karangan
5. Menyusun paragraph

54.    Laporan kunjungan adalah suatu laporan yang dibuat atau ditulis setelah melakukan kunjungan

55.    Kata tanya dan contohnya :
1. Apa, contohnya :  Apa warna kesukaanmu?
2. Siapa, contohnya : Siapa nama adikmu?
3. Kapan, contohnya : Kapan kamu ke rumahku?
4. (di, ke, dari) mana, contohnya : Di mana tempat paling aman untuk menyimpan uang ?
5. Mengapa, contohnya : Mengapa kamu tidak datang di pesta ulang tahunku?
6. Bagaimana, contohnya : Bagaimana cara membuat bunga sebagus ini ?
7. Berapa, contohnya : Berapa banyak air yang kamu minum dalam sehari?

 

Comments

Popular posts from this blog

Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 8 Kurikulum 2013 Bab 7 Aktivitas Gerak Berirama

KUNCI JAWABAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 MAHIR BERBAHASA INDONESIA KELAS 8