SOAL DAN JAWAB PERSIAPAN PAS SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA KELAS 5 SD KURIKULUM 2013
BAHASA
INDONESIA KELAS 5 SEMESTER 1
1.
Ide utama dari sebuah paragraf disebut ....
a. Kalimat b. Penjelasan c. Uraian d. pikiran pokok
2.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
(1) Membaca sebagian kalimat dalam paragraf
secara sekilas
(2) Menentukan kalimat yang mengandung informasi
paling penting dari paragraf tersebut.
(3)
Menentukan jeris paragraf dengan melihat letak kalimat utamanya.
(4) Menentukan ide pokok yang dinyatakan dalam
kalimat utama tersebut.
Yang tidak termasuk langkah mengidentifikasi ide
pokok dalam sebuah paragraf adalah ....
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4)
3.
Paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal dan akhir
kalimat disebut kalimat ....
a. Induktif b. Deduktif c. Campuran d. interaktif
4.
Otot bisa dikatakan sebagai salah satu komponen utama
penyusun tubuh. Andai tidak ada, tubuh
manusia, mungkin hanya sebuah kerangka yang
tampak menyeramkan saat dibuat berjalan Manfaat
otot adalah memberikan bentuk, menopang organ
tubuh, mempermudah bergerak, dan lain-lain.
Ide pokok dari paragraf di atas adalah ....
a. komponen utama penyusun tubuh
b. kerangka yang tampak menyeramkan
c. manfaat otot
d. mempermudah bergerak
5.
Kalimat topik dalam suatu paragraf disebut kalimat ....
a. Kunci b. Penjelas c. Utama d. akhir
6.
Faringitis adalah radang pada faring akibat infeksi oleh
bakteri Streptacoccus yang ditandai tenggorokan sakit dan tampak berwarna
merah. Untuk mengobati faringitis, penderita hendaknya istirahat dan diberi
antibiotik.
Kalimat tanya yang tepat berdasarkan kutipan
teks tersebut adalah ....
a. Siapa yang mengobati penyakit faringitis?
b. Apa yang menyebabkan faringitis?
c. Kapan faringitis terjadi?
d. Apa faringitis dapat menular?
7.
Kalimat berisi pertanyaan yang diajukan kepada seseorang
kepada orang lain dengan mengharapkan adanya jawaban disebut ....
a. kata tanya b. kalimat tanya
c. kalimat utama d. kalimat penjelas
8.
Udara bersih dapat kita jumpai di daerah yang banyak ditanami
pepohonan dan sedikit terdapat pabrik industri.
Kalimat di atas merupakan jawaban dari
pertanyaan ....
a. Mengapa manusia membutuhkan oksigen?
b. Siapa yang dapat menanam tanaman?
c. Di mana kita dapat menjumpai udara segar?
d. Bagaimana cara mendapatkan udara bersih ?
9.
Dimana letak wisata alam Kalibiru?
Jawaban yang sesuai untuk pertanyaan di atas
adalah ...
a. Wisata alam Kalibiru terdapat di Perbukitan
Menoreh, terletak pada ketinggian 450 di atas permukaan laut, Kabupaten Kulon
Progo, Yogyakarta.
b. Salah satu daya tarik kawasan wisata alam
ini adalah bentang alamnya yang asri berupa harmonisasi antara hijaunya hutan
dengan hamparan berbukit yang sangat luas dengan pemandangan alamnya yang
sangat indah dan memesona.
c. Masyarakat sekitar yang mengembangkan potensi
alam di daerahnya menjadi wisatayang layak untuk dikunjungi.
d. Wisata alam Kalibiru mulai dibuka sejak pagi
hingga malam hari.
10.
Dino : "Siapa yang suka memelihara kucing?
Yuli : "Kak Alfin yang suka memelihara
kucing.
Jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut
menunjukkan ....
a. Lokasi b. Waktu c. Keadaan
d.
orang/pelaku
11.
Pernyataan:
(1) memberikan informasi. (2)
membujuk,
(3) mengingatkan, (4) mengkritik,
(5) memberi masukan.
Fungsi iklan ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (4) d. (3), (4), dan (5)
12.
Menginformasikan tempat penjualan produk kepada calon
konsumen merupakan salah satu contoh fungsi ....
a. Transportasi b. Formal c. Marketing d. informasional
13.
Iklan yang menggunakan bahasa berupa singkatan-singkatan
disebut ....
a. iklan niaga b. iklan jasa c. iklan baris d. iklan baliho
14.
Berikut ini kalimat iklan yang komunikatif adalah ....
a. Sabun ini memiliki aroma seperti buah jeruk
b. Cukup banyak orang yang membeli produk ini
c. Mereka ingin mencoba produk yang diiklankan
d. Beli produk kami sekarang dan menangkan hadiahnya
15.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Kalimat singkat dan jelas.
(2) Tulisan dan gambar menarik
(3) Menggunakan bahasa asing.
(4) Disampaikan dengan warna-warni.
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat
iklan adalah ....
a. (1), (2), dan (3) b. (1),
(2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4) d. (2),
(3), dan (4)
16.
Kalau ada sumur
di ladang
Boleh kita menumpang mandi
Kalau ada umurku panjang
Boleh kita bertemu lagi
Bacaan di atas merupakan sebuah ....
a. Pantun b. Cerita c. Sajak d. syair
17.
Berikut ini
yang merupakan ciri-ciri dari pantun adalah ....
a. baris 2 dan 3 isi b. bersajak a-b-b-a
c. baris 1 dan 3 sampiran
d. satu bait terdiri dari 8-12 suku kata
18.
Perhatikan
pantun berikut!
Pagi-pagi berolahraga.
Keliling kampung berlari-lari.
Belajar itu perlu berdoa.
Supaya kita berilmu tinggi.
Pantun tersebut termasuk pantun ....
a. anak-anak b. Dewasa c. Jenaka d. nasihat
19.
Pisang emas
bawa berlayar.
Masak sebiji di dalam peti.
Isi pantun yang tepat untuk melengkapi adalah
....
a. Mahal emas dapat dibayar. Utang budi pikir
sendiri.
b. Barang pecah harus dibayar. Utang budi dibawa
mati
c. Jika berhutang harus dibawa. Utang budi
tidak pasti
d. Utang emas dapat dibayar. Utang budi dibawa
mati
20.
Perhatikan
pantun berikut ini!
(1) Kucing hitam halus bulunya
(2) Kumis panjang putih warnanya
(3) Geram sudah hatiku dibuatnya
(4) Uang hilang, siapa pelakunya?
Sampiran pada pantun ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2) b. (2) dan (3)
c. (2) dan (4) d. (3) dan (4)
21.
Perhatikan
pantun berikut!
Berakit-rakit ke hulu.
Berenang-renang ke tepian.
Bersakit-sakit dahulu.
Bersenang-senang kemudian.
Pantun di atas termasuk pantun ....
a. Jenaka b. Nasihat c. Kiasan d. teka-teki
22.
Pergi ke toko
beli kedondong
Buahnya matang dibeli dua.
Jadi anak jangan berbohong.
Agar disayang orang tua.
Amanat dari pantun di atas adalah ....
a. Jika pergi ke toko jangan lupa beli dua buah
kedondong.
b. Jika ingin di sayang orang tua harus pandai
berbohong.
c. Agar disayang orang tua maka harus membeli
kedondong.
d. Agar disayang orang tua maka ketika bicara
jangan suka berbohong.
23.
Perhatikan
pantun rumpang berikut!
Jalan-jalan ke Pulau Buru.
Sungguh elok mentari pagi.
Isi yang sesuai untuk melengkapi pantun di atas
adalah ....
a. Ingatlah selalu nasihat guru. Belajar giat
raih prestasi
b. Ingatlah selalu nasihat ibu. Raihlah
cita-cita untuk masa depan.
c. Nasihat guru kan kukenang. Belajar giat raih
prestasi.
d. Setinggi langit cita-citamu. Belajar giat
pasti tercapai
24.
Bunga mawar
warnanya merah.
Bunga melati warnanya putih.
Isi baris yang ketiga dan keempat yang tepat
untuk melengkapi pantun di atas adalah ....
a. Hidup harus jangan gelisah. Tetaplah sabar
menghadapinya.
b. Kamu harus pantang menyerah. Tetaplah
semangat giat berlatih.
c. Baju mereka warnanya merah. Baju milikku
warnanya putih.
d. Kita harus selalu pasrah. Terpenting kita
telah berusaha.
25.
Perhatikan
pernyataan berikut !
(1) Tidak mengenal sampiran. (2) Bersajak a-b-a-b.
(3) Bersajak a-a-a-a. (4) Merupakan jenis puisi lama.
Pernyataan tersebut yang bukan merupakan ciri
syair adalah ....
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4)
26.
Perhatikan
pantun berikut!
Banyak tanaman bunga di kebunku,
Daunnya layu sungguh ku tak tega.
Ku jaga organ peredaranku,
Dengan rajin berolahraga.
Bagian isi ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2) b. (2) dan (4) c. (1)
dan (3)
d. (3) dan (4)
27.
Bacalah pantun
di bawah ini!
Anak-anak bermain batu.
Batu dikira satu persatu.
Badannya lurus bermata satu.
Ekornya tajam apakah itu?
Pantun tersebut termasuk jenis pantun ....
a. Jenaka b.
teka-teki c. Nasihat d. anak-anak
28.
Berikut ini
yang tidak termasuk ciri-ciri pantun adalah ....
a. satu bait terdiri empat baris
b. baris satu dan dua berisi sampiran
c. baris ketiga dan keempat berisi sindiran
d. bersajak a - b – a – b
29.
Perhatikan
pantun berikut!
Tinta hitam untuk menulis.
Menulis indah tangan bergetar.
llmu itu tak akan habis.
Asal kita mau belajar.
Pesan dalam pantun di atas adalah ....
a. ilmu tak akan habis walau tanpa belajar.
b. ilmu tak akan habis jika asal dipelajari.
c. ilmu akan habis jika dipelajari.
d. ilmu tak akan habis jika kita pelajari
30.
Perhatikan
pantun berikut!
Bunga melati semerbak nan wangi.
Terlihat mekar berseri di dalam taman.
Hilangkanlah congkak dan iri hati.
Agar banyak teman hidup pun nyaman
Pesan dalam pantun di atas adalah ....
a. kita harus bebas dari rasa congkak dan iri
hati agar dipuji teman.
b. orang yang congkak dan irà hati, hidupnya
nyaman dan banyak teman
c. kita
tidak boleh iri hati terhadap teman yang hidupnya nyaman
d. jadi orang jangan congkak dan iri hati agar
hidup nyaman dan banyak teman
31.
Perhatikan penggalan pantun berikut ini!
Jikalau ada kasur yang basah
Jemurlah ia di tanah datar
Penggalan pantun tersebut merupakan bagian dari
....
a. Pembuka b. Penutup c. Sampiran d. isi
32.
Pantun berikut ini untuk soal normor 17 - 19.
Pagi-pagi berolahraga
Keliling kampung berlari-lari
Belajar itu perlu berdoa
Supaya kita berilmu tinggi
Pantun di atas termasuk pantun...
a. anak-anak b. Jenaka c. Dewasa d. nasihat
33.
Rima pantun di atas adalah ....
a. Aaaa b. Aabb c. Abab d. bbbb
34.
Amanat pantun tersebut adalah ....
a. mari berlari pagi
b. berolahraga setiap hari
c. seharusnya kita selalu berdoa
d. belajar perlu berdoa agar berilmu tinggi
35.
Perhatikan pantun berikut ini!
Ke taman naiknya roda tiga
Adik senang ketika dikejar
Kesehatan jantung perlu dijaga
Agar darah kita mengalir lancar
Sajak dari pantun di atas adalah ....
a. a – a - a – a b. a – r - a - r
c. ga - jar – ga – car d. a -
b – a – b
36.
Teks yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal
yang benar-benar dan terjadi dalam
kehidupan kita sehari-hari disebut teks ....
a. Fiksi
b. Nonfiksi c. Naratif d. deskriptif
37.
Pokok pikiran dalam sebuah paragraf dapat dipahami dengan
mudah melalui ....
a. kalimat pertama b.
seluruh paragraf
c. kalimat terakhir d.
kalimat utama
38.
Penjabaran dari ide pokok paragraf dilakukan oleh ....
a. kalimat penjelas b.
kalimat penghubung
c. kalimat tanya d. kalimat perintah
Perhatikan
paragraf berikut untuk soal nomor 39 dan 40 !
Setiap hari Jumat,sekolah kami mengadakan
kegiatan Jumat Bersih. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa
diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan
Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah,
tetapi juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.
39.
Ide pokok dalam
paragraf di atas terletak pada ....
a. awal paragraf b. tengah paragraf
c. akhir paragraf d.
seluruh paragraph
40.
Kalimat utama dalam paragraf di atas adalah ….
a. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para
siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan.
b. Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya
sekadar membersihkan lingkungan sekolah
c. Gerakan mengharumkan sekolah.
d. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan
kegiatan Jumat Bersih.
41.
Jika kamu diminta mengamati cara pengolahan susu sapi, lokasi
pengamatan yang tepat adalah ....
a. pabrik pengolahan susu sapi b. pemilik sapi perah
c. penjual susu segar d. tempat pemerahan susu sapi
42.
Bahasa yang digunakan dalam penulisan laporan pengamatan
adalah ....
a. Gaul b. Baku c.
sehari-hari d. tidak baku
Perhatikan paragraf berikut!
Sumber utama data kependudukan adalah Sensus
Penduduk, yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali. Sensus Penduduk telah
dilaksanakan sebanyak enam kali sejak merdeka, yaitu tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan yang terakhir tahun 2010.
Selain Sensus Penduduk juga dilakukan Survei Penduduk Antar sensus yang
dilaksanakan antara dua periode sensus.
43.
Pokok pikiran
paragraf di atas adalah ....
a. sensus penduduk terakhir dilakukan pada tahun
2010
b. sensus penduduk dibantu dengan pelaksanaan
survei penduduk antarsensus
c. sumber utama data kependudukan adalah sensus
penduduk
d. sensus penduduk telah dilaksanakan sebanyak
enam kali
44.
Sebelum menulis
karangan nonfiksi, sebaiknya didahului dengan membuat ....
a. panjang karangan b. tujuan karangan
c. judul karangan d. kerangka karangan
45.
Hutan adalah
salah satu kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon dan beragam
binatang. Hutan biasanya berada di daerah pinggiran kota dan berhawa sejuk.
Ide pokok paragraf di atas adalah ….
a. Hutan berhawa sejuk
b. Hutan adalah kawasan yang tumbuh alami,
berisi ribuan jenis pohon, dan beragam binatang.
c. Hutan adalah kawasan yang alami.
d. Hutan berisi ribuan jenis pohon dan beragam
tumbuhan.
46.
Sebuah teks
memiliki judul "Pengaruh Penebangan Liar terhadap Kehidupan Hewan".
Jika dicermati dengan saksama, teks tersebut termasuk kategori ....
a. Fabel b. Novel c. Anekdot d. teks
nonfiksi
47.
Kerusakan
ekosistem laut disebabkan oleh penangkapan ikan dengan bahan peledak. Informasi
di atas dapat diketahui dengan kata tanya….
a. Siapa b. Kapan c. di mana d. mengapa
48.
Ide pokok yang
berada di kalimat awal sebuah paragraf merupakan ciri paragraf ....
a. Deduktif b. Deskriptif c. Induktif d. naratif
49.
Kalimat topik
dalam sebuah paragraf diperinci dengan ….
a. kalimat penjelas b. gambar
c. tabel pemerian d. catatan kaki
50.
Perhatikan teks
berikut ini!
Nelayan sudah mengetahui ikan mati sebenarnya
sejak Kamis kemarin. Semula nelayan masih menganggap normal. Tapi hari ini
jumlah ikan yang mati semakin banyak, sehingga membuat resah. Apa lagi warna
kemerah-merahan bertambah luas hingga ke tengah laut. Kalau banyak ikan kecil
yang mati pasti tangkapan ikan akan berkurang keluh para nelayan.
Hal pokok yang terdapat pada paragraf tersebut
adalah ....
a. Semula nelayan masih menganggapnya wajar.
b. Jumlah ikan yang mati makin banyak dan warna
kemerah-merahan bertambah luas.
c. Nelayan sudah mengetahui ikan mati sejak hari
Kamis
d.
Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.
51.
Ide utama dari sebuah paragraf adalah ….
а. pikiran penjelas b.
pikiran pokok
c. Tema d. kalimat tanya
Perhatikan teks bacaan berikut ini!
Jalan Layang
Jalan di kota besar banyak jumlahnya. Selain
banyak, jalan di kota-kota besar lebar dan dilengkapi dengan trotoar. Jalan
yang lebar itu ditujukan bagi kendaraan, sedangkan trotoar ditujukan bagi
pejalan kaki. Jumlah kendaraan semakin hari semakin banyak membuat suasana di
persimpangan jalan juga semakin padat. Di persimpangan itu, biasanya dipasang
lampu lalu lintas. Karena semakin hari semakin padat, pada beberapa
persimpangan yang paling ramai, dibuat jalan di-atas jalan, namanya jalan
layang.
52.
Pikiran pokok paragraf pertama adalah ....
а. Jalan di kota besar lebar.
b. Jalan di kota besar banyak jumlahnya.
c. Jalan yang lebar untuk kendaraan.
d. Trotoar untuk pejalan kaki.
53.
Kalimat utama diuraikan oleh kalimat-kalimat lain dalam
paragraf yang disebut kalimat...
a. Penjelas b. Utama c. Pokok d. pendukung
54.
Perhatikan percakapan berikut ini!
Andi : "Ton, bagaimana kamu dapat
memelihara hewan piaraanmu dengan baik? Kamu tentu memberi makan dengan baik,
kan?"
Anton : : "Tentu saja, Andi. Orang tuaku
tidak akan memberikan izin memelihara hewan di rumah jika aku tidak dapat
memeliharanya dengan baik."
Informasi yang diperoleh dari percakapan di atas
adalah ....
a. Anton dapat memelihara hewan dengan baik.
b. Anton tidak memelihara hewan dengan baik
c. Andi dapat memelihara hewan dengan baik.
d. Andi senang bisa memelihara hewan dengan
baik.
55.
Bacalah teks berikut ini dengan saksama !
Ekosistem yang tidak seimbang akan berdampak
langsung pada keberlangsungan hidup manusia kelak. Ekosistem yang paling banyak
mengalami ketidakseimbangan akibat ulah manusia adalah ekosistem darat dan
laut. Akibat dari ketidakseimbangan ekosistem ini, populasi makhluk hidup yang
ada di dalamnya akan berkurang atau hilang. Agar bumi menjadi tempat yang aman
untuk ditempati, keseimbangan ekosistem hutan dan laut perlu dijaga.
Kalimat topik paragraf di atas adalah ....
a. Keseimbangan ekosistem hutan dan laut perlu
dijaga.
b. Ekosistem yang paling banyak mengalami
ketidakseimbangan akibat ulah manusia adalah ekosistem darat dan laut.
c. Ekosistem yang tidak seimbang akan berdampak
langsung pada keberlangsungan hidup manusia kelak.
d. Populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya
akan berkurang atau hilang.
1.
Ide utama dari setiap paragraf disebut ..................
2.
Tujuan dari membaca sekilas adalah .........................
3.
Kalimat yang digunakan untuk mengembangkan kalimat utama
disebut ........................
4.
Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir disebut .....
5.
Kalimat yang berfungsi untuk menjelaskan dan menjabarkan
kalimat utama disebut kalimat ..........
6.
Bernapas adalah proses menghirup oksigen dan mengeluarkan
karbon dioksida.
Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban tersebut
adalah ...
7.
Bagaimana cara membuat meja dari kayu?
Pertanyaan tersebut sesuai untuk ditanyakan
kepada .........
Untuk menjawab soal
nomor 8 dan 9, baca teks berikut !
TBC atau tubcrculosis adalah infeksi bakteri
Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan
merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut
dapat ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun
bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat
jantung, dan organ lainnya.
8.
Apa penyebab TBC? Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah
.......................
9.
Bagian mana saja yang biasa terserang TBC? Jawaban dari
pertanyaan tersebut adalah ................
10.
Sampah dapat dikelola dengan cara penerapan 3R, yaitu reduce,
reuse, recycle. Pertanyaan yang benar untuk jawaban tersebut adalah
............................
11.
Sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan
naskah sebagai alat bantu pembuatan iklan di media elektronik adalah
..............................................................
12.
Sebuah iklan cat tembok membuat pernyataan bahwa cat tersebut
dapat awet hingga 10 tahun. Hal tersebut merupakan unsur iklan berupa
..........
13.
Baliho merupakan jenis iklan media ...................
14.
Iklan berbentuk selembar kertas yang dicetak bolak-balik atau
satu muka saja disebut ..................
15.
Kalimat yang digunakan pada iklan bersifat persuasif, artinya...
16.
Jumlah baris pada pantun adalah .......................................
17.
Baris ketiga dan keempat pada pantun dinamakan ..............
18.
Perhatikan pantun berikut !
Anak itik selesai berenang
Nampak lucu di tengah sawah
Sungguh hatiku merasa senang
Hari ini aku diberi hadiah
Baris pertama dan kedua merupakan bagian
..............
19.
Perhatikan pantun berikut ini!
Anak gajah mandi di sumur
Ambil gajah dalam perahu
Jangan mudah jadi takabur
Cobaan adalah siapa tahu
Makna dari pantun tersebut adalah
..........................................................................................................
20.
Pantun yang isinya dapat membuat pendengarnya tertawa
termasuk jenis pantun ............................
21.
Pagi-pagi berolahraga.
Keliling kampung berlari-lari.
Belajar itu perlu berdoa.
Supaya kita berilmu tinggi.
Pantun di atas termasuk pantun ............
22.
Amanat pantun biasanya terdapat pada bagian
..................................................................................
23.
Isi pantun terdapat pada baris .......................... dan
................
24.
Sampiran pada pantun terdapat pada baris .........
25.
Pantun yang berisi tentang budaya dari suatu daerah disebut
pantun
26.
Pantun lucu disebut pantun .........
27.
Jumlah suku kata dalam pantun adalah ..............
28.
Perhatikan pernyataan di bawah ini !
(1) Jangan lupa kepada saya
(2) Laju-laju perahu laju
(3) Boleh lupa kain dan baju
(4) Perahu laju ke Surabaya
Urutan yang benar untuk membentuk sebuah pantun
adalah ..................................................................
29.
Berbalas pantun adalah kegiatan membacakan pantun secara
.........................................................
30.
Sungguh kamu si anak kancil.
Anak badak patah culanya.
Tuntutlah ilmu selagi kecil.
Sudah besar tinggal senangnya.
Pantun tersebut termasuk pantun .......
31.
Untuk mengetahui pesan yang terkandung dalam pantun, kita
harus memahami baris .................... dan ..................
32.
Pantun adalah puisi lama dari ..........
33.
Ke pasar baru beli kacamata
Dengan semangat sambil berlari
Jagalah selalu kesehatan kita
Dengan olahraga setiap hari
Pantun di atas termasuk contoh pantun
.............
34.
Akhir bunyi di akhir baris pada pantun dinamakan
.............................................................................
35.
Kacang goreng enak dimakan
Kue tape diberi ragi
Kalau tembok sudah dibersihkan
Jangan ada coretan lagi
Pantun di atas memiliki rima ...............
1.
Jelaskan fungsi kalimat penjelas!
2.
Mengapa kita harus membaca intensif sebelum menentukan ide
pokok suatu bacaan?
3.
Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berolahraga akan
membuat tubuh kita selalu sehat
dan bugar sepanjang hari. Tubuh yang sehat akan membuat kita terhindar dari
penyakit, sehingga
kita bisa menjalani aktivitas tanpa halangan apapun. Oleh karena itu, olahraga
sangatlah penting
untuk dilakukan.
Tuliskan ide pokok pada paragraf di atas!
4.
Di manakah letak gagasan utama dalam bacaan?
5.
Jelaskan yang dimaksud dengan gagasan pendukung!
6.
Peristiwa tanah longsor terjadi di lereng Gunung Merapi?
Buatlah sebuah kalimat tanya berdasarkan jawaban di atas!
7.
Bagaimana rumus 5W+1H dapat membantu memahami sebuah teks
bacaan!
8.
Buatlah kalimat tanya menggunakan 5W + 1H tentang hak dan
kewajiban !
9.
Jelaskan pengertian informasi tersurat dan informasi tersirat
dalam sebuah teks bacaan!
10.
Jelaskan pengertian kalimat tanya beserta fungsi kata tanya
yang ada pada rumus 5W+1H!
11.
Mengapa iklan harus menggunakan bahasa yang persuasif?
12.
Apa yang dimaksud dengan iklan layanan masyarakat ?
13.
Apa saja unsur-unsur iklan yang efektif? Jelaskan!
14.
Apa fungsi kepala pesan iklan (headline)?
15.
Mengapa bahasa iklan harus mudah dipahami dan menarik?
16.
Perhatikan pantun berikut!
Sangat kencang angin topan.
Menerjang kayu jadi berantakan.
Berbakti kepada Ibu kewajiban.
Berbakti kepada ayah jangan dilupakan.
Jelaskan makna dari pantun tersebut !
17.
Perhatikan pantun berikut!
Ke luar kota menjual tabung.
Tabung dijual lalu dibeli lagi.
Jangan lupa rajin menabung.
Agar kau kelak tidak merugi.
Tunjukkan bagian manakah yang merupakan sampiran ! Berikan alasanmu !
18.
Apa yang dimaksud dengan pantun jenaka?
19.
Berikan sebuah contoh pantun jenaka!
20.
Sebutkan ciri-ciri pantun!
21.
Jelaskan tentang sampiran dan isi pada pantun !
22.
Perhatikan pantun berikut ini!
Ada anak kecil bermain batu.
Batu dilempar masuk ke sumur.
Belajar itu tak kenal waktu
Juga tidak memandang umur
Apa jenis pantun di atas?
23.
Pagi hari udaranya segar.
Jalan-jalan walau terasa dingin.
Jika ingin badan tetap bugar.
Olahragalah selalu dengan rajin
Jelaskan maksud dari pantun tersebut !
24.
Cari makan ke arah dapur,
Ada nasi tinggal sedikit.
Pola makan harus di atur,
Agar tubuh tidak mudah sakit.
Jelaskan makna yang terkandung dari pantun tersebut !
25.
Apa yang dimaksud dengan pantun anak?
26.
Di depan pintu ada tamu.
Tamu datang memakai jubah.
Buku itu sumber ilmu.
Kalau dibaca wawasan bertambah.
Apa amanat dari pantun tersebut ?
27.
Jelaskan yang dimaksud dengan kegiatan berbalas pantun!
28.
Aldo dan Olga sedang berbalas pantun seperti berikut.
Aldo
Ada ikan di meja makan
Kucing mengintip di bawah bangku
Kalau memang kita berteman
Bolehkah aku meminjam buku
Olga
Air panas suam kuku
Kuku lima jadi bagus
Boleh saja meminjam buku
Asal kembalinya juga bagus
Jelaskan isi dari berbalas pantun tersebut!
29.
Jelaskan cara mendeklamasikan pantun!
30.
Buatlah contoh pantun nasihat !
31.
Jelaskan perbedaan pantun dengan syair !
32.
Bacalah pantun di bawah ini dengan seksama !
Merah muda baju si bibi.
Di tangannya ada bayam seikat
Masalah warga datang bertubi.
Berkumpullah untuk mufakat.
Apa makna dari puisi di atas?
33.
Jelaskan yang dimaksud dengan pantun kanak-kanak, pantun
muda, dan pantun tua!
34.
Mengapa pantun disebut juga puisi?
35.
Perhatikan pantun berikut ini !
Jelas sudah muram si duda
Karena kasihnya tiada lagi asa
Tiada detik bias wajah adinda
Hingga lapar tak lagi ....
Tulislah kata yang sesuai untuk melengkapi
pantun rumpang di atas!
36.
Bagaimana ciri-ciri teks nonfiksi?
37.
Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memahami isi
teks nonfiksi!
38.
Apa fungsi dari peta pikiran?
39.
Perhatikan paragraf berikut!
Pencemaran yang disebabkan ulah manusia membuat
alam tidak mampu kembali ke kondisi semula, Alam menjadi kehilangan
kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi.
Apa pokok pikiran paragraf di atas?
40.
Tuliskan cara membuat ringkasan yang baik!
41.
Perhatikan paragraf berikut!
Kegiatan positif banyak jenisnya. Ada kegiatan
yang memerlukan tenaga saja sampai memerlukan
pemikiran. Contoh kegiatan yang memerlukan
tenaga, misalnya berkebun. Contoh kegiatan yang
memerlukan pemikiran, misalnya belajar.
Apa gagasan utama paragraf di atas?
42.
Uraikan langkah-langkah membuat teks norfiksi!
43.
Apa yang kamu ketahui tentang ringkasan paragraf?
44.
Perhatikan teks berikut !
Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka terletak di
Yogyakarta. Perjalanan dari Solo menuju Kebun Binatang Gembira Loka dapat
ditempuh selama dua jam. Kebun binatang ini adalah salah satu tempat wisata
yang banyak digemari. Di kebun binatang, pengunjung dapat melihat beraneka
ragam binatang. Baik binatang buas, binatang bertubuh besar maupun kecil. Semua
binatang tersebut dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya.
Binatang-binatang ditempatkan sesuai dengan lingkungan hidupnya. Binatang yang
hidup di air seperti buaya dan kuda nil ditempatkan di kolam-kolam besar.
Binatang buas dibuatkan kandang yang kuat. Burung dibuatkan tempat khusus,
berupa sangkar-sangkar yang luas. Semua itu memudahkan pengunjung untuk melihat
secara dekat perilaku binatang tanpa takut diterkam.
Buatlah ringkasan dari bacaan di atas !
45.
Tuliskan sebuah teks singkat tentang pengalaman pribadimu!
46.
Apa yang dimaksud dengan membaca intensif?
47.
Sebutkan beberapa jenis kata tanya beserta fungsinya!
48.
Bagaimana cara menemukan sebuah kalimat topik dalam bacaan?
49.
Apa yang dimaksud dengan membaca memindai ?
50.
Apa saja langkah penting dalam membaca sekilas?
51.
Apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi?
52.
Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat
Bersih. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa
alat-alat kebersihan,seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jumat Bersih minggu
ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapl juga mengadakan
gerakan mengharumkan sekolah.
Temukan kalimat utama dalam paragraf di atas!
53.
Sebutkan langkah-langkah dalam menyusun karangan nonfiksi!
54.
Apa yang dimaksud dengan laporan kunjungan?
55.
Sebutkan kata tanya yang digunakan dalam membuat suatu
pertanyaan! Berikan contohnya!
KUNCI JAWABAN
1.
d. pikiran pokok
2.
a. (1)
3.
c. campuran
4.
c. manfaat otot
5.
c. utama
6.
b. Apa yang
menyebabkan faringitis?
7.
a. kata Tanya
8.
c. Di mana kita dapat menjumpai udara segar?
9.
a. Wisata alam Kalibiru terdapat di Perbukitan Menoreh,
terletak pada ketinggian 450 di atas permukaan laut, Kabupaten Kulon Progo,
Yogyakarta.
10.
d. orang/pelaku
11.
a. (1), (2), dan (3)
12.
c. iklan baris
13.
c. marketing
14.
d. Beli produk kami sekarang dan menangkan hadiahnya
15.
b. (1), (2), dan (4)
16.
a. pantun
17.
d. satu bait terdiri dari 8-12 suku kata
18.
d. nasihat
19.
d. Utang emas dapat dibayar. Utang budi dibawa mati
20.
a. (1) dan (2)
21.
c. kiasan
22.
d. Agar disayang orang tua maka ketika bicara jangan suka
berbohong.
23.
a. Ingatlah selalu nasihat guru. Belajar giat raih prestasi
24.
b. Kamu harus pantang menyerah. Tetaplah semangat giat
berlatih.
25.
b. (2)
26.
d. (3) dan (4)
27.
teka-teki
28.
c. baris ketiga dan keempat berisi sindiran
29.
d. ilmu tak akan habis jika kita pelajari
30.
d. jadi orang jangan congkak dan iri hati agar hidup nyaman
dan banyak teman
31.
c. sampiran
32.
d. nasihat
33.
b. abab
34.
d. belajar perlu berdoa agar berilmu tinggi
35.
d. a - b – a – b
36.
b. nonfiksi
37.
d. kalimat utama
38.
a. kalimat penjelas
39.
a. awal paragraph
40.
d. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat
Bersih.
41.
a. pabrik pengolahan susu sapi
42.
b. baku
43.
c. sumber utama data kependudukan adalah sensus penduduk
44.
d. kerangka karangan
45.
a. deduktif
46.
c. Hutan adalah kawasan yang alami.
47.
d. teks nonfiksi
48.
d. mengapa
49.
a. kalimat penjelas
50.
d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.
51.
b. pikiran pokok
52.
b. Jalan di kota besar banyak jumlahnya.
53.
a. penjelas
54.
a. Anton dapat memelihara hewan dengan baik.
55.
a. Keseimbangan ekosistem hutan dan laut perlu dijaga.
1.
ide pokok
2.
untuk menemukan informasi tertentu yang dibutuhkan
3.
kalimat penjelas
4.
paragraf induktif
5.
penjelas
6.
Apa yang dimaksud dengan bernapas?
7.
Pengrajin
8.
Penyebab TBC atau tubcrculosis adolah infeksi bakteri
Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia.
9.
paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah
bening, sistem saraf pusat jantung, dan organ lainnya.
10.
Bagaimana cara mengelola sampah ?
11.
Storyboard
12.
promosi barang
13.
cetak
14.
selebaran
15.
bersifat mempengaruhi dan berisi ajakan agar orang yang
membacanya mau melakukannya
16.
4
17.
Isi
18.
Sampiran
19.
jangan mudah takabur
20.
jenaka
21.
nasihat
22.
isi
23.
3 dan 4
24.
1 dan 2
25.
Adat
26.
Jenaka
27.
8 – 12 suku kata
28.
(2) Laju-laju perahu laju
(4) Perahu laju ke Surabaya
(3) Boleh lupa kain dan baju
(1) Jangan lupa kepada saya
29.
Bergantian
30.
Nasihat
31.
isi pantun
32.
Melayu
33.
Nasihat
34.
Sajak
35.
A-B-A-B
1.
Fungsi kalimat penjelas :
- untuk menjelaskan kalimat utama
- memaparkan informasi pendukung
- agar paragraf lebih padu dan berisi
2.
agar kita memahami apa yang kita baca sehingga memudahkan
kita menemukan ide pokok
3.
Manfaat olah raga
4.
Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.
5.
Gagasan pendukung disebut juga gagasan penjelas yang
fungsinya menjelaskan gagasan pokok.
6.
Di mana peristiwa tanah longsor terjadi ?
7.
5W + 1H adalah serangkaian pertanyaan (What, Where, When,
Who, Why dan How) yang digunakan untuk menggali informasi suatu teks seperti
Apa, dimana, kapan, siapa, kenapa dan bagaimana.
8.
Apa kewajiban anak kepada kedua orang tuanya?
Di mana kita sebaiknya melaksanakan kewajiban ?
Kapan kita boleh menuntut hak?
Siapa saja yang berhak mendapatkan nilai
ulangan?
Mengapa kita harus mendahulukan kewajiban dari
pada hak?
Bagaimana agar hak dan kewajiban bisa
dilaksanakan dengan seimbang ?
9.
Informasi tersurat adalah informasi yang menjelaskan segala
hal secara langsung tanpa ada hal yang ditutup-tutupi atau disembunyikan.
Informasi tersirat adalah informasi yang sifatnya rahasia, penuh misteri, dan
dapat diketahui dengan cara menerka/menebaknya.
10.
Kalimat tanya adalah kalimat yang berfungsi untuk mengajukan
pertanyaan kepada seseorang.
- What (apa) berfungsi untuk menanyakan yang
sedang terjadi
- Where (dimana) berfungsi untuk menanyakan
tempat
- When (kapan) berfungsi untuk menanyakan waktu
- Why (kenapa) berfungsi untuk menanyakan
alasan/sebab
- Who (siapa) berfungsi untuk menanyakan orang/
pelaku
- How (bagaimana) berfungsi untuk menanyakan
cara
11.
tujuannya untuk mempengaruhi orang agar tertarik
12.
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan
pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat
terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa
mengancam keselarasan dan kehidupan umum.
13.
Unsur-unsur iklan yang efektif :
1. Kalimat deskriptif
2. Kalimat persuasif
3. Attention ( perhatian )
4. Interest ( minat )
5. Desire ( keinginan )
6. Conviction ( rasa percaya )
7. Action ( tindakan )
8. Memiliki sasaran yang jelas tentang produk
dan jasa yang ditawarkan.
14.
untuk menarik perhatian pembaca
15.
agar iklan bisa diterima oleh masyarakat
16.
kita harus berbakti kepada ibu dan ayah
17.
baris pertama dan kedua adalah sampiran
18.
Pantun jenaka adalah pantun yang lucu
19.
Mengambil air di dalam perigi
Tali timbanya panjang sehasta
Jikalau kucing tak bergigi
Alamat tikus berpesta pora
20.
Ciri-ciri pantun :
Terdiri 4 baris dalam 1 bait.
1 baris terdiri dari 8-12 suku kata.
Memiliki sajak a-b-a-b.
Baris pertama dan kedua merupakan sampiran.
Baris ketiga dan keempat merupakan isi.
21.
Sampiran adalah dua baris pertama yang berkaitan dengan alam
dan biasanya tidak memiliki hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan
maksud. Isi adalah baris 3 dan 4 dalam sebuah pantun yang merupakan maksud atau
tujuan dari pantun tersebut
22.
pantun nasihat
23.
agar badan tetap bugar maka harus rajin olahraga
24.
mengatur pola makan agar tidak mudah sakit
25.
Pantun yang menggambarkan suasana yang gembira seperti
karakter anak anak yangg suka bermain
26.
buku adalah sumber ilmu maka sering-seringlah membaca
27.
berbalas pantun adalah pantun yang di lakukan 2 orang atau
lebih dengan cara mengucapkan pantun kemudian membalasnya
28.
Aldo ingin meminjam buku Olga. Oleh Olga diizinkan asal buku
yang dipinjamkan kembalinya bagus
29.
dibaca dengan lantang
30.
Jikalau ada kasur yang basah
Jemurlah ia di tanah datar
Jikalau teman berbuat salah
Nasihatilah supaya sadar
31.
Pantun terdiri dari baris sampiran dan isi sedangkan syair
keempat barisnya merupakan isi. Pantun bersajak a-b-a-b sedangkan syair
bersajak a-a-a-a
32.
jika ada masalah sebaiknya dimusyawarahkan
33.
Pantun kanak kanak adalah pantun yang memiliki kaitan dengan
masa kanak kanak yang mana pantun ini menggambarkan makna suka cita
Pantun Muda adalah pantun yang mengenai
kehidupan masa muda yang berisi perkenalan, hubungan asmara dan rumah tangga.
Pantun tua adalah pantun mengenai orang tua
mengenai ada budaya, agama, dan nasihat.
34.
karena pantun merupakan salah satu jenis puisi lama
35.
terasa
36.
Ciri-ciri teks nonfiksi :
a. Ditulis dengan tidak menggunakan gaya bahasa.
b. Sifat katanya denotatif atau dengan makna
sebenarnya.
c. Berbentuk karangan ilmiah.
d. Ditulis berdasarkan pengamatan atau
penelitian
e. Tulisan berdasarkan kenyataan
37.
judul teks, penggunaan bahasa, berdasarkan fakta
38.
Fungsi dari peta pikiran yaitu untuk membuat catatan hal-hal
penting yang saling berkaitan untuk keperluan tertentu
39.
Pencemaran yang disebabkan ulah manusia
40.
Cara membuat ringkasan yang baik :
-membaca dengan cermat bacaan yang akan di
ringkas
-menulis pokok-pokok penting dari bacaan
-menulis pokok-pokok tersebut menjadi paragraph
41.
Kegiatan positif banyak jenisnya.
42.
Langkah-langkah membuat teks norfiksi :
1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
4. Menyusun kerangka karangan (seperti
pembukaan, isi, penutup)
5. Menyusun paragraph
43.
Ringkasan paragraf adalah pokok-pokok terpenting dari sebuah
paragraph
44.
Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta adalah salah satu
tempat wisata yang banyak digemari. Semua binatang dirawat dengan baik.
Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Kebun binatang ini juga memudahkan
pengunjung untuk melihat secara dekat perilaku binatang tanpa takut diterkam.
45.
Aku termasuk murid yang berprestasi. Semua pelajaran sekolah
aku sukai. Pelajaran matematika bisa dibilang akulah jagonya. Yang paling tidak
aku suka di sekolah adalah ketika ulangan. Bukan karena ulangannya. Tapi karena
ulah teman-temanku. Kebetulan aku punya teman satu bangku dan dua teman di
bangku belakangku. Ketiganya itu sangatlah menyebalkan. Bagaimana tidak. Mereka
itu suka menyontek. Jadi setiap ulangan akulah yang harus belajar sementara
mereka kerjanya hanya menyontek. Jika aku tidak memberikan jawabannya, maka aku
dimusuhi. Aku selalu saja menurut karena aku takut dengan ketiga temanku yang
semuanya bertubuh besar.
46.
Membaca intensif adalah membaca suatu bacaan dengan
sungguh-sungguh dan memahami isi bacaan
47.
Ada 7 kata yang termasuk ke dalam kelompok kata tanya, yakni sebagai
berikut :
1. Apa, fungsinya untuk menanyakan sesuatu.
2. Siapa, fungsinya untuk menanyakan mengenai
pelaku suatu kejadian.
3. Kapan, fungsinya untuk menanyakan waktu
berlangsungnya suatu kerjadian.
4. (di, ke, dari) mana, fungsinya adalah untuk
menanyakan tempat
5. Mengapa, fungsinya untuk menanyakan alasan
atau penyebab suatu peristiwa.
6. Bagaimana fungsinya untuk menanyakan hal hal
yang berkaitan dengan proses atau cara
7. Berapa, fungsinya untuk menanyakan jumlah,
banyaknya, atau satuan.
48.
Cara menemukan sebuah kalimat topik dalam bacaan :
a. Melihat pada judul bacaan.
b. Menemukan kalimat utama yang biasanya
terletak pada bagian awal atau bagian akhir paragraf bacaan.
c. Menemukan kata kunci yang terdapat dalam
bacaan.
49.
Membaca memindai adalah membaca untuk menemukan informasi
secara cepat dan tepat.
Contoh : mencari nomor telepon, mencari kata
dalam kamus
50.
Kenali materi bacaan, kenali ide pokok, lakukan pergerakan
mata dengan cepat
51.
Teks non-fiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan kenyataan
yang ada, realita tanpa mengada-ada, atau hal yang benar terjadi dalam
kehidupan.
52.
Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat
Bersih.
53.
Langkah-langkah dalam menyusun karangan nonfiksi :
1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
4. Menyusun kerangka karangan
5. Menyusun paragraph
54.
Laporan kunjungan adalah suatu laporan yang dibuat atau
ditulis setelah melakukan kunjungan
55.
Kata tanya dan contohnya :
1. Apa, contohnya : Apa warna kesukaanmu?
2. Siapa, contohnya : Siapa nama adikmu?
3. Kapan, contohnya : Kapan kamu ke rumahku?
4. (di, ke, dari) mana, contohnya : Di mana
tempat paling aman untuk menyimpan uang ?
5. Mengapa, contohnya : Mengapa kamu tidak
datang di pesta ulang tahunku?
6. Bagaimana, contohnya : Bagaimana cara membuat
bunga sebagus ini ?
7. Berapa, contohnya : Berapa banyak air yang
kamu minum dalam sehari?
Comments
Post a Comment