KUNCI JAWABAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 MAHIR BERBAHASA INDONESIA KELAS 8

 

Ulangan Akhir Semester 2

Pilihan Ganda

1.      C

2.      D

3.      C

4.      A

5.      D

6.      A

7.      A

8.      B

9.      C

10.  D

11.  B

12.  A

13.  D

14.  C

15.  C

16.  B

17.  A

18.  D

19.  B

20.  A

21.  A

22.  C

23.  B

24.  B

25.  B

26.  A

27.  A

28.  D

29.  D

30.  A

31.  C

32.  B

33.  A

34.  A

35.  B

36.  D

37.  A

38.  C

39.  B

40.  C

41.  A

42.  C

43.  B

44.  D

45.  A

46.  A

47.  A

48.  C

49.  C

50.  A

 

Esai

1.      Struktur teks eksplanasi

1.      Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tidak dapat dihindari oleh siapa saja jika sudah terjadi. Tidak sedikit manusia yang harus menjadi korban, apalagi jika gempa tersebut memiliki kekuatan yang sangat besar. Gempa bumi terjadi pada retakan dalam kerak bumi yang disebut patahan. Patahan terbentuk karena tekanan besar (meregang, menekan, atau memilin) yang mendesak batuan rapuh. Tekanan yang timbul di daerah kerak ini disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi secara perlahan.

Pernyataan umum

2.      Gempa bumi terjadi ketika tekanan telah semakin meningkat di daerah batuan sampai pada tingkat tertentu sehingga terjadi pergerakan mendadak. Pergerakan mendadak ini dapat menciptakan patahan baru ketika batuan pecah pada titik terlemah atau pergerakan menyebabkan batuan tergelincir di sepanjang patahan yang ada. Ketika ini terjadi, sejumlah besar energi dilepaskan bersamaan dengan dilepasnya tekanan tersebut.

3.      Energi yang dilepaskan menyebabkan batuan di sekitarnya bergetar sehingga terjadi gempa bumi. Titik tempat batuan menggelincir atau pecah untuk pertama kalinya sehingga menyebabkan gempa bumi disebut fokus. Tempat di permukaan bumi yang berada tepat di atas fokus disebut episentrum.

Deretan penjelas

4.      Berdasarkan uraian tersebut, dapat kita pahami bahwa gempa bumi merupakan peristiwa alam yang terjadi secara alamiah. Tindakan yang perlu dilakukan adalah tetap bersikap waspada dan hati-hati apabila gejala gempa bumi sudah mulai terasa agar tetap selamat. Selain itu, ikutilah prosedur mitigasi bencana yang dilakukan untuk menanggulangi dampak gempa tersebut.

Interpretasi

 

2.      a. Struktur teks ulasan

Penggemar sepeda ontel tentu menyukai berbagai hal mengenai sepeda kuno tersebut, mulai dari orisinalitas hingga sejarahnya. Tak jarang mereka unjuk kegandrungan terhadap sepeda jenis ini dengan cara yang unik. Banyak dari mereka mengenakan seragam tentara tempo dulu atau mengenakan pakaian khas pejabat Hindia Belanda sambil mengendarai atau sekadar menuntun sepeda ontel. Hal tersebutmerupakan cara yang lazim dilakukan untuk menunjukkan kegemaran mereka terhadap sepeda ontel.

Orientasi

Sepeda ontel sendiri punya kisah yang unik. Benda ini bukan sekadar alat transportasi, melainkan menjadi bagian dari budaya masyarakat. Salah satu buktinya adalah hadir syair atau gending yang berjudul Kring Kring karangan Raden Cajentus Hardjasoebrata (1905-1986) yang tinggal di Yogyakarta.Hal-hal seperti itulah yang dapat kita temui dalam buku ini.

Penafsiran

Buku ini dapat dikatakan sebagai salah satu upaya pendokumentasian sebagian kecil keberadaan ontel di masyarakat. Dari catatan-catatan tersebut kita dapat melihat bahwa sepeda ontel menjadi salah satu ikon masyarakat masa lalu yang kini kembali digemari.

Selain itu, di buku ini kita tak hanya melihat sejarah ontel, namun bagaiman ontel juga menginspirasi banyak seniman untuk menciptakan karya. Hal tersebut dapat kita lihat pada bab “Cerita Tentang Sepeda” yang berisi sejumlah cerita pendek bertema ontel.

Rangkuman

Buku ini memang menyuguhkan kisah-kisah menarik seputar ontel. Penggemar ontel sebaiknya membaca buku ini. Sayangnya, buku ini tak dijual luas, hanya dicetak sekitar 1.500 eksemplar.

Simpulan

 

b.  Teks tersebut merupakan jenis teks ulasan karena memuat ciri-ciri berikut. Pertama, teks tersebut menggunakan kata yang menunjukkan sudut pandang penulis ulasan, misalnya pada kalimat keempat paragraf kedua terdapat kata dapat dikatakan. Kedua, teks tersebut menggunakan kata yang menyatakan persetujuan terhadap karya, misalnya pada kalimat pertama paragraf ketiga terdapat kata tak hanya . . . , namun juga . . . . Ketiga, teks tersebut menggunakan kata sifat yang mendukung persetujuan yang diungkapkan sebelumnya, misalnya pada kalimat ketiga paragraf ketiga terdapat kata menarik.

3.      (Jawaban sesuai kreativitas siswa)

4.      (Jawaban sesuai kreativitas siswa)

5.      (Jawaban sesuai kreativitas siswa)

Comments

Popular posts from this blog

Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 8 Kurikulum 2013 Bab 7 Aktivitas Gerak Berirama